0
Berita KB/TK

Depok, Ar-Rahman Islamic School, 26/02/21. Kegiatan sekolah secara daring yang kini masih berlangsung telah membuat anak-anak semakin terbiasa dengan keadaan pandemi seperti sekarang ini. Kegiatan belajar yang hanya bisa dilakukan secara virtual, dimana anak-anak berkomunikasi dengan teman-teman dan guru secara maya. Namun keadaan yang saat ini terjadi bukan menjadi alasan untuk membatasi kreativitas untuk terus belajar secara menyenangkan, yaitu sambil bermain. Salah satu kegiatan kreatif yang kami lakukan di Kelas TK B Ar-Rahman Islamic School adalah dengan membaca dengan melingkari kata.

Melingkari kata

Meskipun hanya dapat melakukan kegiatan belajar secara daring, namun guru-guru KB/TK Ar Rahman Islamic School terus berusaha untuk mengembangkan ide-ide kreatif agar materi yang dipelajari tetap menarik dan menyenangkan. Hal ini dilakukan agar tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

Ide kegiatan ini berawal dari hasil pengamatan selama beberapa waktu, dimana beberapa siswa cepat merasa bosan dengan metode membaca klasikal, apalagi dengan sistem pembelajaran jarak jauh seperti sekarang ini. Sebagai sebuah institusi pendidikan yang bertekad untuk mengembangkan potensi dan kemampuan anak secara maksimal, guru KB/TK Ar-Rahman Islamic School terus berusaha mencari cara agar kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan, sehingga membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar tanpa ada rasa keterpaksaan.

Pada awal kegiatan siswa diperkenalkan dengan macam-macam posisi huruf, bagaimana bunyinya jika huruf dipindahkan di depan maupun di akhir kata, apakah bunyi dan makna kata tersebut masih sama. Selanjutnya siswa diajak untuk mengerjakan tugas bersama-sama, cara mengerjakannya pun cukup menyenangkan. Siswa diajak untuk mencari kata apa saja yang memiliki huruf akhir yang sama, lalu setelah itu siswa diminta untuk melingkari kata-kata yang ditemukan dengan memberi lingkaran menggunakan spidol bermacam-macam warna. Kegiatan ini dilaksanakan pada semester 2 minggu ke-7. Durasi dari kegiatan ini berlangsung selama 45 menit. Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan yang Membangun Kemandirian, Tangung jawab, dan Kecerdasan

Dari keseruan kegiatan ini siswa telah belajar banyak hal, antara lain, mengenal huruf awal dan akhir, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tanpa mengeluh, serta kreatif dalam memecahkan masalah. Dalam kegiatan pembelajaran ini pun siswa ditantang untuk lebih aktif dan komunikatif dalam menyampaikan pendapat.

(Bunda Aisyah)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *