Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Shalawat serta salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta kepada para sahabat dan pengikutnya, dan atas segala rahmat serta karunia-Nya, kita dapat melaksanakan kegiatan PPDB Tahun Pelajaran 2022-2023 dengan lancar dan baik.

Pelaksanaan PPDB AIS Tahun Pelajaran 2022-2023 sudah dimulai sejak tanggal 1 November  2021 sampai Bulan Juni 2022. Tahapan penerimaan peserta didik baru, dimulai dengan proses pendaftaran peserta didik baru, dilanjutkan dengan mengumpulkan persyaratan baik administrasi maupun pembayaran biayanya dan dilanjutkan dengan mengikuti tes observasi siswa. Setelah peserta didik baru mengikuti tes observasi, maka hasil observasi akan diterbitkan pihak AIS, jika peserta didik dinyatakan diterima,  maka dilanjutkan dengan proses pelunasan pembayaran uang sekolah dengan tenggang waktu satu (1) minggu.

Kegiatan observasi peserta didik baru dilakukan oleh AIS dengan  tim observasinya, yaitu Kepala Sekolah dan tim berwenang yang bertugas khusus di unitnya diantaranya  KB, TK, SD, dan SMP yang akan melakukan tes potensi akademik dan juga kesiapan psikologis, maupun sosiologis peserta didik untuk bergabung di AIS.

Demikianlah sekilas tentang informasi Penerimaan Siswa Baru AIS, marilah Ayah dan Bunda, segera daftarkan Putra-Putri Anda untuk mendapatkan pendidikan terbaik di AIS dengan berbagai program menarik yang akan membantu tumbuh kembang Putra-putri Ayah dan Bunda sesuai dengan usia Ananda, memunculkan potensi diri, kemandirian, kecerdasan, akhlakul karimah, dan meniningkatkan keterampilan, serta membentuk Ananda menjadi Generasi Ulul Albab.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tim PPDB Ar-Rahman Islamic School

INFORMASI UMUM

Informasi & Tempat Pendaftaran

Panitia PPDB

Kepala Sekolah (KB-TK, SD, SMP)

Email : info@arrahman-islamic.sch.id

Website : arrahman-islamic.sch.id

Instagram :

@tkarrahmancinere , @sdarrahmancinere , @smparrahmancinere

Tempat Pendaftaran

Ar-Rahman Islamic School, Jl. Bukit Cinere No. 150 C Gandul, Cinere – Depok

Telp. : (021) 753 3233, 753 0645, 753 1425

Waktu Pendaftaran

Pembelian formulir dimulai tanggal 1 November 2021 sampai kuota terpenuhi.

Jam kerja

Senin s/d Jum’at, Pukul    : 08.00 – 15.00 WIB

Sabtu Pukul    : 08.00 – 12.00 WIB

 

INFORMASI GELOMBANG

Pembagian Gelombang

Waktu Gelombang

Gelombang Early Bird

1 Nopember 2021 - 31 Desember 2021

Gelombang 2

1 Januari 2022 - 30 Maret 2022

Gelombang 3

1 April 2022 - 30 Juni 2022

Jenjang Usia Pendidikan

Jenjang

Persyaratan Usia

KB

3 Tahun di 1 Juli 2022

TK A

4 Tahun di 1 Juli 2022

TK B

5 Tahun di 1 Juli 2022

SD

6 Tahun di 1 Juli 2022

SMP

12 Tahun di 1 Juli 2022

PERSYARATAN & PROSES PENDAFTARAN

Pembelian Formulir

Pembelian formulir KB-TK, SD, SMP di sekretariat PPDB TP. 2022-2023 (Ruang Yayasan/Admin SD) atau register online melalui website www.arrahman-islamic.sch.id.

Pengembalian Formulir (Pendaftaran Langsung)

Mengembalikan formulir yang sudah diisi lengkap data siswa dengan melampirkan :

  • Menyerahkan Formulir Pendaftaran yang telah diisi data lengkap.
  • Menunjukkan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga yang asli dan menyerahkan salinan/fotocopy.
  • Menyerahkan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
  • Mengisi dan menyerahkan Surat Pernyataan Orangtua/Wali Siswa (terlampir).
  • Pas foto peserta didik berwarna ukuran (3×4 cm) = 2 lembar dan (2×3 cm) = 2 lembar.
  • Menyerahkan medical record dari dokter keluarga mengenai kondisi khusus kesehatan peserta didik, misalnya bila memiliki alergi, epilepsi, bakat penyakit degeneratif, dll.
Membayar Booking Fee

Untuk bisa mengikuti tes observasi, orang tua/wali murid diharuskan membayar booking fee  sebesar Rp. 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)

Observasi/Tes (Offline/Online)
  • Setiap calon peserta didik wajib mengikuti observasi pada jadwal yang ditentukan.
  • Observasi dan Psikotes bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses belajar di Ar-Rahman Islamic School.
  • Materi observasi dan Psikotes disesuaikan dengan level yang akan dimasuki.
Interview Orangtua

Interview orangtua merupakan pengenalan tahap awal orangtua terhadap Ar-Rahman Islamic School dan sebaliknya. Namun Interview ini juga merupakan bagian dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru secara keseluruhan.  Kesepahaman antara pihak orangtua dan pihak sekolah atau sebaliknya merupakan dasar untuk kelanjutan proses pendaftaran. Waktu wawancara bersamaan dengan jadwal observasi calon peserta didik.

Surat Pernyataan

Orangtua menandatangani surat pernyataan pada saat tes observasi dan interview sebagai tanda persetujuan dengan persyaratan-persyaratan yang ditetapkan untuk pendaftaran peserta didik.

Penentuan Hasil Observasi/Tes

Calon Peserta Didik Baru bisa tidak diterima, apabila :

  • Jumlah calon peserta didik telah melebihi quota.
  • Terdapat ketidaksepahaman orangtua terhadap konsep maupun kebijakan sekolah.
  • Hasil tes observasi tidak memenuhi persyaratan
Pengukuran dan Pengambilan Seragam

Pengukuran seragam dilaksanakan pada saat calon peserta didik telah mendapatkan hasil observasi dan interview. Pengambilan seragam dilaksanakan setelah siswa dinyatakan diterima menjadi peserta didik Ar-Rahman Islamic School dan melunasi biaya pendidikan (pada akhir setiap gelombangnya).

Hasil Observasi KB-TK, SD, SMP :
  • Keputusan hasil observasi dapat diterima paling lambat 4 hari kerja setelah peserta didik diobservasi dan wawancara dengan orangtua. Orangtua akan mendapatkan surat keterangan untuk melanjutkan proses atau tidak secara tertulis.
  • Pengambilan hasil observasi tertulis di bagian administrasi dilakukan pada saat jadwal

KETENTUAN PELUNASAN BIAYA PENDIDIKAN DAN PENGEMBALIAN JIKA CALON PESERTA DIDIK MENGUNDURKAN DIRI

Ketentuan Biaya

Biaya pendaftaran :

  • Membeli formulir.
  • Membayar Booking Fee.
  • Melunasi biaya pendidikan.

 Pelunasan Biaya Pendidikan   

  • Setelah dinyatakan lulus, calon peserta didik dapat melunasi semua biaya pendidikan TP. 2021/2022, paling lambat 1 minggu setelah
  • Metode Pembayaran

Pembayaran dapat langsung dilakukan melalui transfer dengan nomor Virtual Account  peserta didik ke Bank Muamalat.

 

Ketentuan Pengunduran Diri dan Pengembalian Biaya Pendidikan

  • Apabila calon peserta didik diterima, maka biaya booking fee diperhitungkan sebagai bagian dari uang gedung.
  • Apabila calon peserta didik dinyatakan tidak lulus tes observasi, maka booking fee akan di kembalikan 100 %.
  • Apabila calon peserta didik mengundurkan diri dengan alasan apapun setelah dinyatakan lulus tes observasi, maka booking fee tidak bisa dikembalikan.
  • Pengembalian biaya pendidikan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, hanya dimungkinkan apabila calon peserta didik mengundurkan diri dengan alasan :

(a) Kepindahan domisili orang tua

(b) Sakit

dilengkapi dengan melampirkan dokumen pendukung, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari total biaya pendidikan.

  1. Pengembalian biaya pendidikan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, dengan alasan yang berbeda dari ke-2 alasan tersebut di atas (pada point 4), akan dikenakan biaya administrasi sebesar 50% dari total biaya pendidikan.
  2. Pengunduran diri peserta didik setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai, tidak diberikan pengembalian biaya pendidikan.

LAIN-LAIN

 

Tata Tertib PPDB

  1. Pelaksanaan observasi oleh calon peserta didik baru, hanya dilakukan satu kali setiap gelombang dan tidak boleh diwakilkan.
  2. Mohon untuk hadir tepat waktu yaitu pukul 08.00 WIB pada saat observasi.
  3. Pada saat wawancara dengan Kepala Sekolah, kedua orangtua harus hadir dan tidak boleh diwakilkan.
  4. Diskon gelombang diberikan sesuai pada waktu mendaftar dan setelah membayar biaya pendidikan.
  5. Welcome Day (Perkenalan Orang Tua Siswa Baru) dengan jajaran Sekolah akan diinfokan lebih lanjut.
  6. Awal masuk Tahun Pelajaran 2022-2023, akan diinfokan lebih lanjut.

 

Waktu Belajar di Waktu Normal

JenjangHariWaktu
KBSenin s/d Jum’at07.30 – 10.15 WIB
TKSenin s/d Jum’at07.30 – 13.15 WIB
SD Kelas 1 & 2Senin s/d Jum’at07.30 – 13.15 WIB
SD Kelas 3 – 6Senin s/d Kamis07.30 – 14.30 WIB
Jum’at07.30 – 13.20 WIB
SMPSenin s/d Kamis07.30 – 15.00 WIB
 Jum’at07.30 – 13.40 WIB

Waktu Belajar di masa pandemi dengan metode BDR ataupun Hybrid Learning akan diinfokan kemudian

 

Tata Tertib Sekolah

  1. Peserta didik harus tiba di sekolah 15 menit sebelum bel masuk.
  2. Peserta didik harus memakai pakaian seragam sekolah yang telah ditentukan.
  3. Peserta didik tidak diperkenankan memakai perhiasan selama KBM berlangsung dan masih berada di  lingkungan sekolah.
  4. Para peserta didik, orangtua dan pengantar diwajibkan turut menjaga kerapian, kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dan membuang sampah hanya pada tempatnya.
  5. Orang tua peserta didik/pengantar tidak diperkenankan menunggu peserta didik di lokasi kelas selama jam pelajaran berlangsung kecuali selama minggu pertama peserta didik mulai bersekolah.
  6. Orang tua siswa/pengantar tidak diperbolehkan merokok di lingkungan sekolah.
  7. Orang tua/pengantar yang mengantar-jemput peserta didik wajib memberitahukan kepada wali kelas atau Tata Usaha Sekolah apabila berhalangan / tidak tepat waktu.
  8. Orang tua siswa/pengantar diharapkan berpakaian sopan dan rapi sesuai Syariat Islam saat berada di dalam lingkungan AIS.
  9. Hal-hal yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan disampaikan kemudian.