Sebagai sebuah lembaga pendidikan, Ar Rahman Islamic School (AIS) telah menetapkan visinya yaitu untuk mewujudkan lembaga pendidikan Islam unggul dalam membina generasi ulul albab. Pembinaan generasi tersebut dilakukan secara terintegrasi dalam proses pembelajaran, baik di sekolah maupun di rumah. Untuk itu, para pendidik Ar Rahman Islamic School harus mampu memunculkan dan membina karakter siswa yang sesuai dengan AIS Learner Profile.

AIS Learner Profile adalah karakter atau akhlak yang ingin dimunculkan dan dibina selama siswa menempuh pendidikan di Ar Rahman Islamic School. Untuk memastikan adanya proses internalisasi AIS Learner Profile (disebut dengan akronim SALAM),  maka seluruh dokumen pembelajaran, baik silabus maupun RPP harus memasukkan indikator dari SALAM secara eksplisit.

AIS Learner Profile SALAM yang harus diinternalisasikan pada proses pembelajaran di Ar Rahman Islamic School, meliputi:

DIMENSI
SUB DIMENSI
Saleh
Takwa
Akhlak mulia
Resepek
Jujur
Ukhuwah
Leadership
Tanggung Jawab
Amanah
Disiplin
peduli
Mandiri
cerdAs
Tafakur
Kreatif
Literate
teraMpil
Cekatan
Komunikatif

SALEH

Taat dan sungguh-sungguh dalam beribadah hanya kepada Allah, sebagaimana yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan, dan  menjaga diri dari keburukan

AKHLAK MULIA

Menjadi pribadi yang memiliki sikap respek (menghargai), jujur, dan menjaga ukhuwah (persaudaraan);

LEADERSHIP

LEADERSHIP  Memiliki karakter seorang pemimpin, yaitu  tanggung jawab, amanah, disiplin, peduli, dan mandiri

CERDAS

Terbiasa tafakur (berpikir mendalam) tentang ciptaan Allah, dan kreatif, yaitu mampu berpikir dan bertindak untuk menyelesaikan suatu masalah secara cerdas, orisinil, ataupun adaptif, dan membawa hasil yang tepat serta bermanfaat; Juga memiliki literasi yang baik, termasuk literasi dalam membaca, menulis, berhitung, sains, teknologi, serta budaya

TERAMPIL

yaitu mampu memaksimalkan pengetahuan dan tindakannya untuk menyelesaikan tugas dengan cepat, serta memiliki keterampilan berkomunikasi, yaitu keterampilan menyampaikan informasi, gagasan, emosi, keahlian, melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.