Depok, Ar-Rahman Islamic School, 05/03/21. Kegiatan belajar mengajar di berbagai wilayah dilakukan secara daring (online). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan belajar mengajar secara daring membutuhkan kemampuan khusus untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran secara efektif, juga kemampuan dalam teknologi informasi.
SD Ar-Rahman Islamic School menerapkan pembelajaran yang bermakna juga menyenangkan. Tapi terkadang guru merasa canggung di menit-menit awal pembelajaran, karena peserta didik cenderung pasif dan malu ketika ditanya bagaimana perasaannya, apa saja yang dilakukan, dan lain sebagainya. Kalau di kelas tatap muka, kita menggunakan ice breaking untuk mencairkan suasana, membangun interaksi antar siswa dan guru, juga sebagai persiapan dan pemanasan sebelum memasuki pembelajaran. Nah, kalau ice breaking kelas online bagaimana, ya?
Berikut beberapa ice breaking menarik dan menyenangkan yang dapat dipakai pada saat kelas daring (online)
1 – Senam Angka
Siswa diminta untuk menggerakan membentuk suatu angka (seperti menulis) dengan anggota tubuhnya. Gerakan bisa dimulai dari tangan, kepala, badan, dan kaki.
2 – Mencari Harta Karun
Siswa diminta mencari suatu benda yang diperintahkan oleh guru. Misalnya, “ambil benda di sekitarmu yang berwarna merah!”, atau benda yang berbentuk lingkaran, atau yang terbuat dari kayu, dan sebagainya. Usahakan yang di ambil benda yang jaraknya dekat atau tidak terlalu jauh ya.
3 – Tebak Gambar Hewan
Menampilkan gambar bagian tubuh hewan, kemudian siswa diminta menebaknya. Jawabannya akan muncul gambar hewan lain yang sudah diedit dan tidak terduga. Gambar editan dapat dicari di internet ya.
4 – Tebak Warna
Ditampilkan dengan beberapa slide power point, sebuah tulisan aneka warna tertentu. Namun ejaan nama warna dan warna tulisannya berbeda. Siswa diminta menyebutkan warnanya, bukan tulisannya. Biasanya siswa akan terkecoh dengan menyebutkan tulisan.
5 – Misteri Harta Karun
Guru menyimpan suatu benda (harta karun) dalam kantong hitam atau amplop. Kemudian siswa melakukan dua aksi, bertanya dan menebak. Siswa diberi 1 kesempatan bertanya dan 3 kesempatan untuk menebak (atau bisa berapa saja). Pertanyaan hanya dijawab “ya” dan “tidak”. Siswa juga boleh bertindak sebagai pemilik harta karunnya, lho.
6 – Tebak Kata
Ditampilkan sebuah kata acak di layar, kemudian siswa menebak dan menuliskan jawabannya di kolom chat. Misalnya kata ‘KUGINC’, jawabannya ‘KUCING’.
7 – Sulap sederhana
Guru bermain sulap keterampilan tangan. Bisa menggunakan benda uang, tisu atau kertas. Caranya sederhana. Nah, secara rinci akan disampaikan pada lain kesempatan ya.
Menurut kamu ice breaking apa lagi ya yang cocok dalam pembelajaran daring (online)?