0
Berita SMP

Depok, Ar-Rahman Islamic School, 26/02/21. Pada kegiatan pembelajaran secara daring seperti sekarang ini, tak sedikit siswa mengalami kendala dalam proses KBM. Beberapa kendala yang terjadi antara lain disebabkan karena gangguan jaringan internet, fasilitas belajar yang kurang memadai, dan tidak adanya pendamping belajar. Akibatnya siswa tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Selama 1 tahun pembelajaran daring berjalan, ternyata siswa dan orangtua sering mengeluh karena tidak semua materi dapat dipelajari secara mandiri oleh siswa serta tidak semua orang tua mampu memberikan bimbingan dalam proses belajar di rumah. Terlebih lagi pada mata pelajaran matematika yang menuntut pemahaman lebih mendalam terhadap materi yang sedang dipelajari.

Meaningful Learning

Saat pembelajaran di kelas 8 semester genap ini, Kelas 8 SMP AIS mencoba membuat pembelajaran bermakna, yaitu dengan membuat project Pembuktian Teorema Pythagoras. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat menghubungkan materi pelajaran Pythagoras dengan konsep-konsep yang sudah ada struktur kognitifnya. Dengan harapan, belajar akan lebih bermakna jika siswa mengalami langsung apa yang dipelajarinya. Sehingga pemahaman terhadap materi Pythagoras ini tidak hanya sebatas hafalan. Project yang dilakukan ini menggunakan pendekatan Inquiry Discovery. Dalam project ini siswa telah lebih dulu diberikan pemahaman dari Teorema Pythagoras, setelah itu  siswa diberi kesempatan untuk membuktikan teorema tersebut dengan berbagai cara.

Created by, Ms Ulfa Nadiyah, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *