0
Berita SD

Depok, SD Ar-Rahman Islamic School, 30/04/21. Pandemi covid-19 masih melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia. Berbagai aktivitas formal maupun informal terkena dampak dari pandemi ini. Banyak kegiatan yang terhenti, terbatas, dan berkurang intensitasnya, sebagai contoh kegiatan belajar mengajar di sekolah di mana dalamnya terdapat kumpulan orang-orang yang melakukan proses belajar mengajar dan otomatis terjadi kontak fisik. Peran serta seluruh masyarakat sangat diperlukan agar pandemi ini segera berakhir. Upaya untuk mencegah penyebaran virus ini adalah dengan membatasi kegiatan di luar rumah termasuk mengurangi mobilitasnya.

Pandemi yang masih berlansung juga bertepatan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Namun, kegembiraan SD-Arrahman Untuk menyambut bulan suci ini tidak berkurang. Kegiatan tahunan “Pesantren Kilat” tetap dilaksanakan dengan penuh suka cita selama 2 hari yakni dari hari Rabu- Kamis tanggal 28-29 April 2021/17-18 Ramadhan 1442 H.

Pesantren Ramadan merupakan wadah untuk membentuk nilai- nilai disiplin dan taat beragama kepada siswa. Pesantren Ramadan yang biasa dilaksanakan di sekolah, kali ini dilaksanakan di rumah masing-masing sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan. Dengan mengusung tema Gadgetku Jalan Srugaku. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi digital; Zoom Meeting  yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kelas bawah (kelas 1-3) dan kelompok kelas atas (kelas 4-6). Walaupun hanya lewat tatap maya, kegiatan ini berjalan dengan baik dan meriah.

Tarikh Islam adalah materi pembuka Pesantren Kilat Virtual yang dilaksanakan pada hari Rabu. Menyimak kisah Bilal bin Rabbah, sahabat Nabi Muhammad yang mempunyai suara merdu ketika mengumandangkan Adzan, menjadi materi untuk adik-adik kelas 1, 2, dan 3. Menyimak kisah Ibunda Siti Khadijah, Istri kesayangan Rasulullah yang wafat pada bulan Ramadhan, menjadi materi kakak-kakak kelas 4, 5, dan 6.

Bahasa Arab menjadi materi hari kedua pelaksanaan Pesantren Ramadan Virtual. Kegiatan menyambung huruf bahasa arab untuk siswa-siswi kelas bawah (1, 2, dan 3) dan belajar berbagai macam mufrodat dengan tema kendaraan untuk siswa-siswi kelas atas (4, 5, dan 6) bertujuan agar mereka mulai terbiasa dan terlatih untuk menuliskan dan mengucapkan Bahasa Al-Qur’an.

Selain mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru ada beberapa kegiatan lain yang tidak kalah menarik. Kegiatan-kegiatan itu antara lain muroja’ah hafalan qura,  penampilan Dai Cilik, dan quiz terkait materi yang telah diberikan oleh pemateri. Tidak hanya itu, bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, panitia Pesantren Ramadan Virtual juga memberikan reward yang dikirimkan ke rumah masing-masing.

“Iya, mau selamanya acaranya (Pesantren Ramadhan), Seru!” tulisan pesan wali murid  yang menceritakan kegembiraan anaknya saat mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan ini.  Hal ini membuktikan bahwa kegiatan Pesantren Ramadan Virtual sudah menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan bagi siswa-siswa SD Ar-Rahman Islamic School. Sampai bertemu di Ramadan tahun depan dengan acara yang lebih seru. Semoga pandemi ini segera berlalu. Aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.