0
Berita KB/TK

Depok, Ar-Rahman Islamic School, 09/04/21. Ar-Rahman Islamic School adalah sekolah yang menerapkan kelas sentra yaitu Sentra Balok, Sentra Musik & Kreatifitas, Sentra Bahan Alam, Sentra Bermain Peran, Sentra Ibadah dan Sport. Setiap sentranya berbeda hari dan kegiatan, pada setiap hari Senin teman-teman Playgroup bermain di sentra Balok.

Membentuk Geometri

Kegiatan Kelompok Bermain di sentra Balok kali ini yaitu bermain membentuk geometri dari sedotan dan plastisin. Kegiatan ini masih berlangsung secara daring, dan ini membuat anak tetap semangat dalam belajar walaupun secara daring

Kegiatan sentra balok ini menerapkan bidang pengembangan yaitu terdiri dari Kognitif & Seni. Kognitif merupakan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, sedangkan Seni merupakan kegiatan yang melibatkan kemampuan motorik dan juga mendorong kekreatifan anak.

Guru Sentra Balok di Kelompok Bermain memberikan kegiatan belajar kepada anak-anak dengan cara melakukan kegiatan yang mendorong pengetahuan dan cara berfikir anak dalam menyelesaikan suatu masalah serta mendorong untuk lebih kreatif dengan cara yang menyenangkan, maka kegiatan membuat bentuk geometri dengan sedotan ini cocok untuk diberikan kepada anak-anak khususnya pada jenjang Kelompok Bermain, karena kegiatan ini melatih untuk berpikir dan juga memecahkan masalah bagaimana anak bisa menghubungkan beberapa sedotan supaya dapat membentuk suatu bentuk geometri”

Dalam kegiatan ini anak-anak mengenal macam-macam bentuk geometri serta mengenal berbagai macam warna pada plastisin yang tersedia, dan juga melatih motorik anak dalam bermain plastisin membentuk bola-bola untuk menghubungkan sedotan dan membentuk geometri seperti segitiga, persegi Empat dan Piramida.

Dalam kegiatan ini anak-anak belajar mengekspresikan dan membuat hasil karyanya sendiri dan mengkoordinasikan tangan juga mata melalui, cara membuat bola-bola untuk menghubungkan sedotan yang satu dengan yang lain dimana nantinya akan membentuk bentuk geometri. Anak-anak juga mengenal macam-macam warna dan juga berlatih menghitung sedotan yang dibutuhkan untuk membentuk geometri seperti segitiga, Persegi Empat dan Piramida.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *