0
Berita SD

DEPOK, SD AIS – Di era pandemi COVID-19, kreativitas guru adalah sebuah keniscayaan dalam pembelajaran jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk memacu semangat anak pada saat belajar dari rumah. Pembelajaran daring sudah berjalan sekitar satu setengah tahun. Hal tersebut berdampak pada psikologi, para siswa sudah merasa bosan dan lelah dengan pembelajaran metode ini. 

Sebagai pendidik, kami dituntut untuk selalu memotivasi belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang memacu kreativitas peserta didik adalah pembelajaran SBDP (Seni Budaya dan Prakarya). Antusias para siswa dalam membuat sebuah karya, seperti membuat bingkai foto dari bahan sederhana mampu memberikan dampak positif bagi mereka. 

Para siswa diberikan keleluasaan untuk membuat bingkai foto sesuai dengan kreativitas masing-masing. Kreativitas siswa kelas 1 sangat luar biasa dalam membuat sebuah karya, walaupun dengan keterbatasan bahan dan alat tidak mengurangi semangat mereka. Kita sebagai guru harus mengapresiasi setiap yang dikerjakan mereka. 

Kemendikbudristek memberikan kebijakan baru di dunia pendidikan yaitu “Merdeka Belajar” sebagai upaya memberi kebebasan kepada lembaga pendidikan untuk menentukan arah pendidikan. Penerapan kebijakan tersebut berdampak pada peserta didik untuk mengembangkan bakat sesuai kemampuan yang mereka miliki, seperti kreativitas dalam membuat karya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.