0
Berita KB/TK

Depok, TK Ar Rahman Islamic School, 23/04/21, mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu tantangan yang berkaitan dengan cara memotivasi mereka untuk tetap semangat dalam menjalankannya. Tidak hanya memotivasi, kegiatan berpuasa Ramadhan juga mengajarkan anak seputar kebaikan dan keutamaan agama. Memang, menjalani puasa di bulan Ramadhan untuk anak belum diwajibkan, tetapi tidak ada salahnya mengajak si kecil ikut serta dalam menyambut bulan penuh berkah ini.

Pada kesempatan ini, guru sentra peran di kelas TK A dan TK B mengajak anak-anak untuk membuat video pembelajaran berlatih puasa Ramadhan dan kegiatan menyiapkan berbuka puasa bersama orang tua. Kegiatan ini berlangsung selama satu jam, pada hari Jumat (16/04).

KB-TK Ar Rahman Islamic School, memiliki sejumlah cara dalam online learning agar anak-anak tetap antusias dan semangat belajar meski berada di rumah. Salah satunya adalah kegiatan berlatih puasa dan menyiapkan menu berbuka bersama orang tua. Kegiatan ini memiliki banyak tujuan, mulai dari sisi kesehatan, pendidikan, disiplin, ketaatan, dan kejujuran.

Pertama, dari sisi kesehatan, puasa membuat organ-organ pencernaan beristirahat, termasuk juga sistem enzim dan hormonalnya. Kemudian, organ-organ ini akan bekerja kembali dengan lebih sempurna setelah beristirahat selama sebulan. Kedua, berlatih berpuasa juga mengajarkan kedisiplinan pada anak, seperti bangun di malam hari, melakukan sahur, dan berbuka puasa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. tepat waktu di saat yang ditentukan tiba. Ketiga, juga melatih mereka dalam ketaatan menjalankan perintah agama. Tujuan terakhir, berpuasa dapat melatih kejujuran. Misalnya, salah satu kasus, saat berpuasa tidak jarang mereka lemas, lapar, dan tidak bersemangat. Kemudian, mereka sembunyi-sembunyi mengambil makanan atau membeli jajanan di luar, akankah mereka berkata sebenarnya atau berbohong? Nah, inilah satu bentuk melatih kejujuran sejak dini.

Agar tercapainya tujuan tersebut, perlunya  menciptakan bulan Ramadhan yang seru. Salah satunya adalah mengajak anak ke dapur untuk menyiapkan sajian berbuka. Pada kegiatan ini, anak bisa menentukan menu yang diinginkan serta bereksperimen menggunakan bahan yang disediakan. Pastikan memberikan tugas yang bisa dikerjakan dan tidak berbahaya ya, Moms. Funner’s tentu telah memahami bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan si anak saat belajar memasak. Selain meningkatkan rasa percaya diri, anak pun bisa lebih bersemangat, keluarga juga ikut menikmati makanan sehat yang dimasak dengan gembira.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *