Depok, Ar-Rahman Islamic School, 05/03/21. Pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 menekankan pada aspek kemampuan dan keterampilan menalar siswa. Kedua aspek tersebut tidak terlepas dari empat komponen penting dalam keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), dan keterampilan menulis (writing skills). Keterampilan menulis merupakan kemampuan puncak seseorang dalam terampil berbahasa setelah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca.
Salah satu materi ajar bahasa Indonesia dalam jenjang SMP Ar-Rahman Islamic School adalah menyajikan teks ulasan. Objek karya sastra yang akan diulas pada pertemuan kali ini adalah film pendek. Satu kelas yang terdiri atas 23 siswa, dibagi menjadi empat kelompok dengan mengulas film pendek yang berbeda-beda, seperti: Lemantun (2014), Tilik (2018), Elegi Melodi (2018), dan Positif (2021). Penulis hanya mengambil data satu kelompok yang menganalisis film pendek Elegi Melodi (2018). Hasil diskusi terkait menyajikan teks ulasan film pendek Elegi Melodi sudah sesuai. Berikut penjabaran pemahaman dan kesesuaian siswa dalam menyajikan teks ulasan:
- Judul
Siswa sudah memahami dalam membuat judul teks ulasan, di mana judul teks bukan judul dari film pendek. Siswa mengangkat judul teks ulasan sesuai dengan inti cerita dalam fim tersebut, yaitu Melodi Terakhir Mama.
- Identitas Film
Siswa menyimak dengan saksama film Elegi Melodi sehingga mampu mengidentifikasi infornasi dalam film tersebut. Adapun identitas dari film Elegi Melodi adalah sebagai berikut:
Judul | Elegi Melodi |
Tanggal Rilis | 10 Maret 2018 |
Produser | Jason Iskandar |
Sutradara | Florence Giovani |
Perusahaan | Studio Antelope |
- Orientasi
Pada bagian ini siswa sudah mampu memaparkan gambaran umum berupa sinopsis dari film Elegi Melodi yang telah mereka simak bersama kelompoknya.
- Penafsiran
Dalam struktur ini siswa sudah memahami bahwa harus memaparkan pandangannya berupa keunggulan dan kelemahan dari film yang telah disimak. Pada teks ulasan tersebut, siswa memberikan penilaian dari tokoh dan lirik lagu yang ditulis oleh Melodi.
- Rangkuman
Dalam struktur ini siswa sudah mampu memberikan rangkuman dari hasil telaah unsur intrinsik dan ekstrinsik film pendek tersebut. Perumusan rangkuman berdasarkan hasil penilaian dan penafsiran yang telah dilakukan sebelumnya.
- Simpulan
Pada bagian ini siswa sudah memaparkan penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan dalam film tersebut. Pada teks ulasan yang disajikan, siswa memberikan penilaian terhadap nilai-nilai moral dalam film yang sukses direpresentasikan oleh para tokoh. Selain itu, siswa juga memberikan rekomendasi tentang kelayakan film Elegi Melodi untuk ditonton oleh seluruh kalangan.