0
Berita SD

Masa pandemic Covid-19 sudah genap satu tahun. Proses belajar mengajar siswa-siswa SD Ar-Rahman Islamic School pun mengikuti anjuran pemerintah untuk memberlakukan Proses pembelajaran jarak jauh atau Belajar dari Rumah (BDR) sejak awal Maret 2020. Banyak hal yang baru dan memerlukan adaptasi untuk melaksanakan proses BDR.

Angkatan 10 SD Ar-Rahman Islamic School ini sudah sejak naik kelas enam sampai dengan hari ini belum dapat untuk melakukan proses belajar tatap muka seperti harapan seluruh civitas akademik. Angkatan ini akan menjadi generasi kedua yang lulus di tengah pandemic ini. Terlepas dari semua hal yang ada, kami semua harus tetap optimis bahwa ujian ini akan segera berakhir dan kembali lagi seperti harapan kita semua, aamiin.

Untuk itu angkatan 10 sudah melalui beberapa tahapan kegiatan yang menunjang siswa/i menuju gerbang kelulusan SD kelas 6 di Ar-Rahman Islamic School. Angkatan ini sudah melaksanakan Sertifikasi tahfiz, presentasi project, rangkaian Try Out Ujian Sekolah,  kemudian yang sampai saat ini masih berlangsung adalah Ujian praktik kelulusan.  Ujian paktik kelulusan kelas 6 ini berlangsung selama 7 hari, mulai dari tanggal 29 Maret hingga 6 April 2021.

Petunjuk ujian praktik, jadwal ujian,  serta alat dan bahan ujian praktik pun dikirim melalui  tim espedisi sekolah ke rumah siswa/I kelas 6 pada tanggal 20 Maret 2021, sehingga siswa/i dapat mempelajari dan latihan untuk ujian tersebut di rumah. Sebelum ujian praktik berlangsung setiap harinya siswa/i diarahkan untuk melakukan sholat dhuha dan tilawah agar menjadi kebiasaan yang baik setiap harinya. Kemudian siswa/i kelas 6 akan dibimbing oleh masing-masing guru bidang studi setiap hari sesuai jadwalnya. Teknis pengumpulan ujian praktik ini pun beragam, ada yang akan dinilai langsung melalui aplikasi  ZOOM seperti bidang studi PJOK dan SBDP. Namun ada pula yang menggunakan rekaman video atau foto kolase saat siswa/i melakukan praktik kemudian tugas tersebut dikirimkan melalui google form dengan link yang diberikan sesuai jadwal ujian praktiknya.

Alhamdulillah seluruh siswa/i sangat antusias mengikuti kegiatan ini, disamping untuk mendapatkan nilai akhir di kelas 6 ini, mereka pun akan mendapat banyak pengalaman dari melakukan praktik di rumah secara mandiri, tanpa bantuan orang tua, guru  maupun teman.  Selain itu seluruh siswa/i akan diajak untuk bisa lebih disiplin menggunakan waktunya selama ujian praktik di rumah. Hal ini melatih kemandirian siswa/i SD Ar-Rahman Islamic School sesuai dengan salah satu Seven Value of AIS  yakni mandiri dan disiplin.

Semoga hal ini bisa menjadi bagian dari pengalaman siswa/i selama melakukan BDR dan hasil praktikumnya tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah dapat memberikan manfaat untuk semuanya. Aamiin ya Rabbal ‘alamiin.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.