0
Berita SMP

Depok, Ar-Rahman Islamic School, 12/03/21. Genap satu tahun pembelajaran secara daring dilaksanakan oleh SMP Ar-Rahman serta sekolah-sekolah lainnya di kota Depok. Mulai dari pembelajaran sehari-hari, praktikum, hingga ujian juga dilaksanakan secara daring.

Pada tanggal 1 hingga 5 Maret 2021, peserta didik SMP Ar-Rahman Islamic School telah melaksanakan Penilaian Tengah Semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa atas materi yang telah diajarkan oleh guru. Penilaian Tengah Semester Genap tahun ini menggunakan aplikasi administrasi yang disediakan oleh Google Drive yaitu Google Form. Penggunaan aplikasi ini dinilai lebih memudahkan peserta didik untuk mengakses link ujian dibanding aplikasi administrasi yang lain.

Setiap hari sebelum memulai ujian, peserta didik diwajibkan mengikuti Murojaah bersama yang dipimpin oleh guru Tahfidz dan pengarahan pertama menggunakan aplikasi zoom. Murojaah dan pengarahan dilaksanakan selama 30 menit dengan pembagian waktu masing-masing 15 menit. Kegiatan Murojaah sangat bermanfaat karena sebagai penyemangat sebelum melaksanakan ujian. Selain itu, pembacaan ayat suci Al-Quran merupakan bentuk doa memohon kemudahan agar ujian berjalan dengan lancar. Selama Murojaah seluruh peserta didik wajib untuk mengaktifkan kamera di aplikasi Zoom agar guru dapat memantau kesiapan peserta didik untuk mengikuti ujian.

Setelah Murojaah selesai, guru piket akan mendata kehadiran peserta didik mulai dari kelas VII hingga kelas IX. Guru akan selalu mengingatkan peserta didik agar tetap mengaktifkan kamera di aplikasi Zoom selama pengarahan pertama berlangsung. Jika setiap peserta didik di setiap kelas sudah hadir dan mengaktifkan kamera di aplikasi Zoom, maka guru piket akan memberikan link ujian beserta password untuk mengakses link tersebut.

Kegiatan pengarahan kedua sama seperti pengarahan pertama, peserta didik wajib menyalakan kamera di aplikasi Zoom agar mendapatkan link ujian. Bagi siswa yang tidak hadir saat pengarahan pertama maupun kedua, maka peserta didik tersebut akan mengikuti ujian susulan di minggu selanjutnya.

Penilaian Tengah Semester Genap SMP Ar-Rahman Islamic School berjalan dengan sukses tanpa adanya hambatan. Penggunaan aplikasi Google Form dapat dilaksanakan di ujian-ujian lainnya sehingga Visi Paperless dilingkungan Ar-Rahman Islamic School dapat terealisasikan.

Devi Luckita Sari.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *