0
Berita SMP

DEPOK, SMP AIS – Salah satu program dari klub unggulan KIR adalah membuat yoghurt. Yoghurt adalah salah satu makanan atau minuman fermentasi menggunakan bakteri asam laktat lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus dengan atau tanpa penambahan bakteri asam laktat lainnya. Banyak manfaat yang diperoleh jika kita mengonsumsi bahan pangan fermentasi ini, antara lain sebagai salah satu bakteri baik di dalam tubuh (probiotik). Bakteri probiotik berkontribusi terhadap keseimbangan ekologi mikroba usus. Bakteri probiotik mampu membunuh bakteri lain dengan menghasilkan zat-zat antibiotic-like dalam jumlah kecil, seperti asam laktat, asam benzoat, asam asetat, hidrogen peroksida, asidolin, laktosidin, dan asidofilin.

Kegiatan pembuatan yogurt dilaksanakan selama dua hari, dimulai hari Kamis (16/9) dan berakhir pada Jumat (17/9). Langkah-langkah pembuatan yoghurt rumahan dimulai dari memasak susu segar hingga hangat kemudian memasukkan starter yoghurt. Starter yang digunakan adalah greek yogurt. Proses fermentasi dilakukan selama minimal dua belas jam dalam suhu ruang.

Beberapa siswa berhasil membuat yoghurt, meskipun sebagian lainnya belum berhasil. Ada berbagai faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan siswa dalam membuat yoghurt seperti suhu susu yang terlalu panas, wadah yang kurang bersih, atau tempat penyimpanan yang kurang bersih. Foto-foto terkait kegiatan ini bisa dilihat di bawah ini:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *