0
Berita SD

Menyambut pesta kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa adalah hal yang ditunggu masyarakat khususnya umat muslim. Hari Raya Idulfitri tahun ini diperkirakan akan jatuh pada 13-14 Mei 2021. Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, umat Islam di tanah air bersuka cita menyambut kemenangan, seperti mudik, membayar zakat fitrah, salat idulfitri berjamaah, sampai bersilaturahmi dengan sanak saudara maupun kerabat.

Dalam menyambut hari kemenangan, siswa Ar Rahman melakukan kegiatan berbagi dengan sesama yang merupakan bagian dari rangkaian “Pesantren Ramdhan, Qur’anic Camp juga bagian dari Life Skill” pada pekan ke-4 bulan Ramadan. Kegiatan berbagi dilakukan dengan mengundang perwakilan dari warga sekitar sekolah, sekitar rumah siswa, dan aplikasi life skill. Tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan karekter gotong-royong pada diri siswa.  mengajarkan siswa untuk menumbuhkan karakter gotong royong.

Salah satu karakter yang jarang dimiliki anak-anak di era sekarang adalah gotong-royong. Penyebab lunturnya gotong royong adalah egosentris atau berpusat pada diri sendiri. Saat anak tidak pernah diajarkan atau ditunjukkan keteladanan tentang berbagi, besar kemungkinan anak akan tumbuh dengan keegoisan. Perasaan enggan bergaul dengan orang lain akan terkesan menjadi hal yang biasa hingga dewasa. Di sini lah peran berbagi sangat penting dalam kehidupan anak.

Manfaat berbagi lainnya adalah untuk menumbuhkan empati, yakni kemampuan memahami orang lain. Anak yang diajarkan berbagi sejak dini akan dapat mengerti kondisi dan situasi orang lain. Tak hanya itu, hal tersebut juga akan mencegah anak berbuat arogan dan berbangga diri secara berlebihan.  Serta menumbuhkan sikap bersyukur.

Alhamdulillah, seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selain itu, siswa juga diajak untuk bisa lebih peduli pada sesama sesuai dengan salah satu Seven Value of AIS  yakni akhlak mulia dan peduli. Semoga hal ini bisa menjadi bagian dari karakter siswa sehingga dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memberkan manfaat untuk semua. Aamiin ya Rabbal ‘alamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.