0
Berita SD

Depok, Ar-rahman Islamic School, 12/03/21. Sudah kita rasakan bersama bagaimana sulitnya menyelesaikan masalah yang kita hadapi sebagai pendidik di masa pandemi ini. Dari latar belakang ini lah saya mengangkat pembahasan yang harus saya ungkapan.

Dua masalah yang kita hadapi dalam dunia pendidikan, yang pertama yaitu sulitnya cara mengajar murid, entah itu dari posisi para guru maupun para orang tua. Yang kedua adalah bagaimana cara anak bisa menyelesaikan masalah tugas yang dihadapinya, ini pun membuat sebagian besar orang tua, yang mana tidak memiliki background pengajar, kesulitan dalam membantu anaknya. Belum lagi tuntutan kerja yang sering kali menghabiskan waktu dan tidak bisa menemani anaknya dalam belajar atau menyelesaikan tugas. Dari sisi guru pun mengeluhkan bahwasanya tugas sering sekali tidak dikumpulkan.

Lalu, bagaimana solusinya? Hal ini lah yang biasa dialami oleh para guru di Arrahman Islamic School. Untuk itu, kami menggunakan Zoom. Iya, Zoom. Semua orang pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar kata “Zoom”, apalagi di zaman pandemi sekarang.

Lalu apa yang bisa menyelesaikan kedua masalah tersebut? Di awal masa pandemi, pembelajaran belum menggunakan aplikasi Zoom. Tetapi lama kelamaan, aplikasi Zoom mulai ramai digunakan di perkantoran dan sekolah. Semakin banyak penggunaan aplikasi Zoom, kemudian ada batasan durasi pemakaian menjadi 40 menit, yang mengharuskan untuk berlangganan sehingga tidak ada batas durasi pemakaian.

Keuntungan kita menggunakan zoom dalam menyelesaikan salah satu masalah PJJ adalah:

1 – Bisa melihat anak didik secara langsung. Kita bisa melihat langsung anak didik meskipun kita tidak dapat menyentuhnya, hal inilah yang kita manfaatkan untuk bisa mengajarkan anak secara langsung dan memberikan tugas. Bisa juga melakukan tanya jawab langsung, kemudian diberi komentar, dan kita bisa merekap tugas-tugas anak langsung selagi bersama, jadi orang tua pun tidak dibebani tugas anak.

2 – Menampilkan pembelajaran yang unik dan kreati Kita bisa mencari aplikasi atau film pembelajaran yang dapat mempermudahkan guru mengajar, diantaranya:

  1. Slide powerpoint
  2. Permainan daring seperti quizizz, mentimeter, kahoot, google form, word wall
  3. Video dari powerpoint maupun dari link youtube

Mungkin ini saya yang dapat saya bagikan pengalaman kami semoga bisa menjadi referensi bagi yang membacanya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.