0
Berita SD

DEPOK, SD AIS – Keterampilan literasi adalah keterampilan yang harus diajarkan, bukan kemampuan bawaan sejak lahir. Keterampilan literasi yang meliputi literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, maupun literasi budaya. Keterampilan tersebut harus terus diupayakan sekolah agar para siswa menguasai keterampilan yang sangat dibutuhkan di abad ini.

Penguasaan literasi mempunyai banyak manfaat terhadap siswa. Tingkat pengetahuan akan meningkat dengan membaca; pemahaman dan kemampuan mengambil kesimpulan suatu informasi mejadi lebih baik; kemampuan berpikir kritis meningkat, serta tidak mudah terlalu cepat bereaksi terhadap informasi yang banyak beredar.

Kegiatan Bulan Bahasa yang diadakan setiap tahun di SD AIS adalah salah satu program yang dilakukan untuk memperkaya pembinaan dan kegiatan literasi. Ini sejalan dengan visi AIS dalam membina generasi ulul albab yang memiliki karakterisitik bersungguh-sungguh untuk mendapatkan ilmu, berpikir kritis serta positif, dan menebar manfaat.

 

Terampil Berbahasa, Terpuji Perilaku adalah tema yang diangkat pada Bulan Bahasa tahun ini. Berbagai kegiatan yang diadakan dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Lomba membaca dan memahami cerita serta wisata buku melalui padlet, mengajak siswa untuk membaca dan berbagi informasi dari buku yang dibacanya dengan berbicara dan menulis; lomba berani dan santun berpendapat, melatih keterampilan berbicara mengemukakan pendapat atas masalah yang disampaikan dengan tetap memerhatikan etika; lomba ABC 5 dasar dan lomba scrabble, menantang siswa untuk menguasai banyak kosa kata.

Sebagai puncak Bulan Bahasa, diadakan kunjungan virtual ke Perpustakaan Pusat Jakarta Selatan. Acaranya pengenalan perpustakaan dan perpustakaan keliling, room tour perpustakaan, Read Aloud “Ke Mana Balon itu Pergi”, serta percobaan seru Fun Science balon ajaib dan pompa sederhana. Asyik dan seru!

(Reported by: Novitaka)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *