0
Berita KB/TK

DEPOK, KB TK AIS – Kegiatan virtual field trip di Sentul Frest telah terlaksana pada hari Rabu (13/10). Meski dilaksanakan secara online, anak-anak tetap semangat dan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. 

Ada tiga destinasi yang dijelajahi. Tidak hanya jalan-jalan, di setiap destinasi juga ada penjelasan yang bermanfaat. Di destinasi pertama, anak-anak dikenalkan berbagai macam jenis ikan, persamaan serta perbedaanya, memberi makan, dan cara merawat ikan. Selain itu, anak-anak juga dikenalkan dengan burung merpati sebagai media pengantar surat pada zaman dahulu. 

Destinasi kedua, anak-anak juga dikenali berbagai jenis hewan: rusa, burung, kelinci, hingga cacing. Tidak hanya hewan, mereka juga dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman dan manfaatnya. Setelah destinasi kedua, anak-anak praktik menanam bibit sayuran yang telah diberikan. Mereka bersikap antusias dan mandiri ketika mencoba menuangkan tanah, bibit tanaman, dan menyiramnya. Untuk melatih mereka dalam menjaga dan merawat tanaman, kami memberikan home project. 

Destinasi terakhir, anak-anak mengenal tentang sapi. Banyak sekali informasi yang didapatkan seperti cara merawat dan pemanfaatan bagain tubuh sapi. Misalnya, bagian kulit sapi bisa dibuat menjadi beduk atau alat musik, daging sapi dapat dikonsumsi, dan susu sapi dapat diolah menjadi minuman segar. Selain sapi, anak-anak juga mengenal kura-kura. 

Kegiatan virtual field trip menjadi solusi bertamasya di tengah pandemi. Sebelumnya kita bisa berkenala, tetapi harus terhenti ketika melihat kenyataan kini. Pada hari ini, anak-anak tumbuh di era pandemi.  Kebahagian dan pengetahun tetap harus dipenui meski di rumah. Kegiatan seperti ini bisa jadi adalah jawaban untuk harapan para orang tua di era pandemi yang serba terbatas. Anak-anak tetap bisa berkumpul bersama dan berinteraksi dengan host, pengisi pemaparan, dan teman-teman sebayanya.



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *