0
Berita SD

Depok, Ar Rahman Islamic School, 19/3/21. Seperti yang kita ketahui pada bulan maret 2020 masuk suatu virus ke Negara kita yaitu virus Covid-19 yang berasal dari Tiongkok tepatnya dari daerah Wuhan. Infeksi Coronavirus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculannya di akhir tahun 2019 pertama kali di Wuhan, Tiongkok. Lokasi kemunculannya pertama kali ini, membuat Coronavirus juga dikenal dengan sebutan Wuhan virus.

Namun, adanya ledakan jumlah kasus di Wuhan, China menunjukkan bahwa corona virus dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Virus bisa ditularkan lewat droplet, yaitu partikel air yang berukuran sangat kecil dan biasanya keluar saat batuk atau bersin. Apabila droplet tersebut terhirup atau mengenai lapisan kornea mata, seseorang berisiko untuk tertular penyakit ini.

Meski semua orang dapat terinfeksi virus corona, mereka yang lanjut usia dan memiliki penyakit kronis, serta memiliki daya tahan tubuh rendah lebih rentan mengalami infeksi ini serta komplikasinya.

Meski gejala penyakit coronavirus menyerupai penyakit pernapasan lain seperti pneumonia atau influenza, sejauh ini belum ada vaksin yang dapat mencegah penularan penyakit coronavirus. Pemberian vaksin pneumonia maupun vaksin influenza tidak dapat memberikan proteksi terhadap penyebaran infeksi virus corona.

Cara terbaik untuk menghindari penyakit infeksi coronavirus adalah melakukan tindakan pencegahan secara aktif. CDC menyarankan setiap orang melakukan tindakan seperti:

  • Rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik
  • Apabila tidak memungkinkan atau tidak tersedia air dan sabun, bersihkan tangan menggunakan pembersih tangan berbahan alkohol
  • Hindari menyentuh hidung, mata, atau mulut terutama bila tangan masih kotor
  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
  • Tetaplah di rumah bila sedang sakit
  • Tutup mulut dengan tisu atau dengan menekuk siku saat Anda batuk atau bersin
  • Hindari kontak dengan hewan ternak secara langsung
  • Hindari bepergian, terutama ke daerah dengan kasus infeksi coronavirus
  • Hindari mengkonsumsi daging yang belum matang sempurna.

Menjaga nutrisi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih dalam jumlah cukup, dan istirahat cukup juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari infeksi virus corona.

Menjaga kebugaran jasmani dapat memperkuat imun tubuh kita dengan cara beraktivitas gerak / berolahraga. Salah satu olahraga yang dapat kita lakukan selama pandemi ini, di rumah adalah senam.

Hal ini menjadi salah satu alasan senam menjadi materi yang di berikan dalam pembelajaran PJOK dalam masa pandemi ini. SD Ar-rahman Islamic school sangat konsen dalam pencegahan virus covid19 ini.

Senam yang diberikan selama pembelajaran di SD Ar-rahman Islamic school adalah senam irama. Pembelajaran senam diberikan mulai dari kelas 1 – 6.

Senam irama dilakukan secara perorangan atau kelompok untuk memperlihatkan koreografi yang kental dengan akrobatik dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Setiap gerakan senam irama diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan rapi. Seiring berjalannya waktu, senam irama banyak mengambil gerakan dari balet.

Senam irama atau senam ritmik ini sudah menjadi cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang besar, seperti Olimpiade dan pertandingan skala internasional lainnya.

Menumbuhkan semangat berolahraga dan meningkat kan kebugaran jasmani untuk menaikan imun tubuh menjadi salah satu factor utama di masukan nya materi pembelajaran pjok di sekolah Sd Ar-rahman Islamic school pada masa pandemic ini.

“Sungguh wangi daun pandan,

Daun harum tak berduri.

Jika ingin sehat badan,

Berolahraga setiap hari”.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakat

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.