0
Berita SD

DEPOK, SD AIS – Loh, kenapa ya kok judulnya malah jadi ajang ketemu murid? Padahal AKM diharapkan pemerintah sebagai wujud dari Merdeka Belajar. Kebijakan AKM ini berupaya untuk mewujudkan  transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Asesmen Nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Uji coba AKM dilaksanakan hari Kamis (2/9) secara semi online dan diikuti oleh siswa kelas 5. Akan tetapi, banyak ditemui kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor seperti kurang jelasnya informasi, persiapan yang minim, dan teknisi yang kurang matang. 

Kendala tersebut terlihat dari rundown yang belum terlaksana dengan baik, misalnya peserta didik sudah siap tetapi website pengerjaan AKM belum terkoneksi sehingga menghambat siswa dalam mengerjakan soal. 

Namun lucunya, anak-anak tidak bingung atau resah saat menghadapi AKM, mereka malah asik berbincang-bincang dan tertawa. Mungkin, karena sekian lama mereka tidak bertemu dan banyak mengisi waktu dengan bermain di sekitar lapangan maupun yang berkeliling-keliling di area sekolah. Kami berharap pemerintah serius menangani AKM, jika memang mau mengadakan seperti apa yang dikatakan Kemendikbud, Merdeka Belajar. 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *