0
Berita SD

DEPOK, SD AIS – Literasi merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepas dari kemampuan berbahasa. Manfaatnya dapat meningkatkan pengetahuan kosa kata, menambah wawasan, mempertajam diri dalam menangkap suatu informasi dari bacaan, mengembangkan kemampuan verbal, dan melatih diri untuk bisa menulis serta merangkai kata dengan baik.

Semakin berkembangnya zaman, tentu saja makin banyak hal pula yang ikut berinovasi ke dunia digital, termasuk literasi. Kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, menggunakan, membuat informasi atau konten dengan kecakapan kognitif dan teknikal. Literasi digital SD Ar-Rahman Islamic School mempunyai program dalam mengembangkan kemampuan literasi peserta didik. Selain adanya video literasi (video gabungan dari gambar-gambar maupun foto yang disertai teks berisi ajakan, informasi, dan pengetahuan) dalam pembelajaran, Kurikulum SD Ar-Rahman Islamic School juga melaksanakan kegiatan “Literasi Pagi” dimulai pukul 07.30 untuk memberikan gairah untuk membaca, menulis, dan menyampaikan secara verbal melalui aplikasi zoom meeting.

Program pelatihan khusus juga diberikan kepada beberapa peserta didik yang mempunyai minat untuk menjadi penulis cilik. Hasilnya luar biasa, kumpulan hasil karya tulis para siswa terbaik telah diterbitkan dalam buku antologi perdana yang bertajuk “Mengejar Mimpi, Meraih Asa”. Buku tersebut berkisah mengenai perjuangan seseorang dalam meraih cita-cita dengan caranya masing-masing.

Selain buku, literasi digital juga dapat berupa video. Salah satu guru SD AIS, Mr. Erwin, berpendapat bahwa “Karena literasi tidak sesempit hanya membaca, tapi seni melihat kata dan dunia, apa yang mereka lihat dan rasakan itu juga literasi. Rasulullah SAW tidak dapat membaca teks buku, namun cerdas dalam membaca memahami ayat dan tanda kebesaran Allah SWT di dunia ini”. 

Beberapa pekan lalu SD AIS mengadakan Lomba Video Vlog dalam rangkaian kegiatan Event Character. Konten vlog terdiri dua kategori: vlog bertema seven values of Arrahman (respect, tanggung jawab, jujur, amanah, disiplin, mandiri dan ukhuwah) dan kategori kedua konten vlog bercerita kisah teladan. Sepuluh video vlog terbaik akan mendapatkan hadiah menarik dan ditayangkan pada channel youtube Jendala Siswa SD AIS.

Salah satu Vlog terbaik di antaranya Nisrina kelas 2A yang berjudul Nisrina and Sister – 7 Values of Ar-Rahman, serta Vlog dari Arya Kelas 4A yang berjudul 5 Tips Mengisi Waktu Luang. Kemudian, ada juga Video Vlog dari Rayhan kelas 6A yang bercerita kisah teladan “Kura-kura dan Kelinci”. Diharapkan informasi dan pesan kebaikan melalui video ini lebih cepat, tepat, dan menarik untuk dipahami oleh siswa. Terlebih lagi, anak muda saat ini lebih memilih media digital daripada buku atau mengunjungi perpustakaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *