0
Berita SD

DEPOK, SD AIS – Pada hari Kamis (2/12), kelas 6 SD Ar-Rahman Islamic School melaksanakan kegiatan ujian praktik secara daring. Pelaksanaan ujian Tahfiz dan Tahsin dibagi mejadi empat kelompok sesuai dengan jumlah guru pembimbingnya, seperti kelompok 1 oleh Mr. Ahmad Irpan S.pd, kelompok 2 oleh Mr. Mukhammad Danial, S.Pd, kelompok 3 oleh Mr. Achmad Syatibie Ramadhon, SQ.S.H, dan kelompok 4 oleh Mr. Ahmad Solafuddin, S.H, dan disaksikan juga oleh wali kelas.

Kegiatan ujian praktik ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kualitas bacaan dan hafalan mereka tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya. Perlu diingat bahwa hafalan Al-Qur’an itu tidak hanya selalu dihafal, tapi bagaimana mereka bisa menjaga hafalan tersebut ketika di sekolah maupun rumah. Pengimplementasian kegiatan ini terlihat saat kegiatan bertilawah, salat wajib, dan sunah.

 

Adapun materi ujian praktik terdiri dari Q.S Ar-Rahman ayat 1-40, Q.S At-Takwir, dan Q.S Al-A’la. Sistem yang digunakan dalam ujian praktik ini yaitu sambung dan tebak ayat. Guru akan membacakan suatu ayat terlebih dahulu, kemudian siswa melanjutkan dan menebak ayat setelahnya.

Semoga dengan adanya ujian praktik Tahfiz dan Tahsin ini para siswa SD Ar-Rahman Islamic School, Bukit Cinere, semakin semangat lagi menjaga dan murojaah kembali hafalan-hafalan yang telah mereka hafal sebelumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *