0
Event AIS

Supervisi Berkualitas untuk Percepatan Mutu Pendidikan AIS

 

Pembelajaran sebagai ujung tombak proses pendidikan harus senantiasa dijamin mutunya oleh sekolah. Supervisi pembelajaran merupakan sebuah instrumen potensial untuk penjaminan proses pembelajaran, sehingga peran dan tugas  seorang supervisor harus didudukkan pada posisi yang tepat.

 

Supervisi tidak hanya untuk keperluan proses administrasi saja. Ia memiliki banyak peran strategis. Supervisi memastikan berjalannya proses pendidikan sejalan dengan visi dan misi lembaga, memastikan terjadinya proses pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, menjadi penjamin adanya peningkatan mutu pembelajaran guru, dan menjadi instrumen penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran secara berkelanjutan.

 

Untuk memberdayakan peran supervisor pembelajaran secara maksimal, AIS bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Sekolah Nurul Fikri mengadakan Pelatihan Supervisor Pembelajaran pada tanggal 21-23 Oktober 2017 lalu. Peserta adalah mereka yang akan masuk dalam tim supervisor AIS, yaitu para kepala sekolah dan wakil kepala sekolah semua unit, 5 orang guru terpilih, dan unit Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) AIS.

 

Pelatihan memberikan pembekalan hard skills dan soft skills supervisi, meliputi pemahaman materi tentang supervisi pendidikan, desain pembelajaran, media dan sumber belajar, 10 dasar keterampilan mengajar, strategi, pendekatan, dan metode belajar, teknik evaluasi capaian konsep penting dalam pembelajaran, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran. Sessi penting selanjutnya adalah pembahasan instrumen/ rubrik supervisi AIS, agar setiap supervisor dapat melakukan penilaian supervisi secara objektif. Instrumen yang dipakaipun sudah harus dipastikan menjadi alat ukur yang valid dan reliable. Berlanjut dengan keterampilan melakukan supervisi, membuat laporan supervisi, dan memberikan feedback  kepada guru.

 

Dalam waktu 3 hari, pembekalan materi dan praktik supervisi yang dijalankan mampu memberikan gambaran menyeluruh terhadap tugas supervisi yang ideal. Diharapkan setelah pelatihan ini supervisi berkualitas untuk percepatan mutu pendidikan AIS dapat diwujudkan.

 

  (PMP-AIS)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *