0
Berita SD

Depok, A-Rahman Islamic School. Pandemik yang tidak kita inginkan ini sudah sangat lama membuat rasa rindu menumpuk antara guru dengan anak-anak, khususnya kelas 5 yang biasa kita sebut dengan “5th Grader”.

Walaupun bertemu secara tatap muka via zoom, tetapi hal tersebut belum bisa membalut rindu yang sudah menumpuk ini.

Kerinduan ini sangat menantang para pendidik di Ar-Rahman Islamic School. Para pendidik mendadak jadi youtubers karena setiap hari membuat video pembelajaran, juga membuat kreasi pembelajaran agar lebih menarik pastinya.

Mendung diselimuti Rindu…

Sudah 1 tahun berlalu dengan sistem pembelajaran daring, semakin menantang kami agar anak-anak tetap antusias dengan Pembelajaran Jarak Jauh secara daring.

Setiap pekan, 5th grader diberikan latihan keterampilan kecakapan hidup (life skill) yang harus dikerjakan. Dengan seperti itu, selain pelajaran sesuai Kompetensi Dasar, kami juga dapat melihat perkembangan keterampilan pada siswa siswi Ar-Rahman Islamic School setiap harinya, khususnya dari 5th Grader.

Tema kecakapan hidup yang kami berikan untuk mereka diantaranya yaitu; setoran hafalan kepada orang tua sambil memijat, makan sayur dan buah selama pandemi, membantu ibu menjemur pakaian, buat sarapan sendiri, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan ini, anak-anak dibiasakan untuk tetap membangun komunikasi terhadap anggota keluarganya supaya tidak melulu berhadapan dengan gawainya, tetapi memberi perhatian terhadap ayah bundanya, salah satunya terbiasa membantu pekerjaan rumah.  Woww.. amazing!!!!

Life Skill yang sudah mereka lakukan, difoto dan dibahas saat kegiatan “Sapa Hangat Pagi”.

“Sapa Hangat Pagi” kita (5th Grader) biasa lakukan setiap harinya. Yaitu pukul 07.30. Jam nya disamakan saat mereka masuk sekolah saat sebelum PJJ. 

Maksud kegiatan ini agar siswa terbiasa untuk sholat subuh, sarapan, mandi, dan sudah siap untuk masuk kelas daring.

Kegiatan “Sapa Hangat Pagi” tidak hanya untuk menyapa siswa, daftar hadir, dan membahas life skill, tetapi juga diisi dengan muroja’ah dan kegiatan literasi yang tidak kalah serunya. Bahkan bisa kita selingi dengan ice breaking ataupun games edukatif. Alhamdulillah orang tua siswa menyambut baik dan dapat bekerja sama dengan sangat baik. 

Semoga pandemi segera berakhir dan kami dapat memeluk anak-anak secara langsung. Seperti yang sering mereka lakukan saat pagi hari datang ke sekolah, yaitu memeluk kami. We miss you so much!

Leave a Comment

Your email address will not be published.