0
Info AIS, news ais

Ar-Rahman Islamic School selalu berusaha untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya dengan cara memfasilitasi guru dan karyawan dengan pengembangan diri dan pelatihan terbaik yang dibutuhkan. Rapat kerja akhir semester adalah salah satu media pengembangan diri bagi guru dan karyawan untuk lebih berkontribusi dalam memberikan pendidikan terbaik bagi siswa-siswi Ar-Rahman Islamic School, selain sebagai media perencanaan KBM di semester 2.

Tahun ini pelaksanaan rapat kerja yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan Ar-Rahman Islamic School, serta perwakilan Yayasan Iklhasul Amal Bukit Cinere (YIABC) sedikit berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya, yaitu dilaksanakan secara daring. Ini kali kedua Ar-Rahman Islamic School melaksanakan rapat kerja secara daring dalam situasi pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Rapat kerja ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari Senin, 21 Desember 2020 dan diakhiri pada hari Rabu, 23 Desember 2020. Hari pertama rapat kerja diisi dengan sambutan dari Kabid IV YIABC, Ibu Dra. Hj. Risnawaty, dilanjutkan dengan evaluasi KBM semester 1 TP. 2020/2021 dan arahan untuk pelaksanaan KBM di semester 2 oleh Direktur AIS, Bapak Ir. Harry Suhardi, MM. Dilanjutkan dengan online quiz oleh seluruh karyawan dan guru yang telah tergabung dalam kelompok serta pembuatan struktur organisasi Ar-Rahman Islamic School. Tak lupa, tim PMP selalu berusaha membimbing dan mengarahkan setiap unit untuk bekerja secara maksimal, tepat waktu, dan tepat sasaran melalui pembuatan rancangan program kerja yang akan dilakukan oleh setiap unit pada semester 2.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Direktur Ar-Rahman Islamic School Bapak Ir. H. Harry Suhardy, MM. mengenai KBM semester 2 antara lain adalah AIS akan tetap melaksanakan belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) sesuai dengan keputusan DISDIK DEPOK. Oleh karenanya sekolah akan memfasilitasi pengembangan kemampuan guru-guru dengan mengadakan pelatihan yang aplikatif dalam pengajaran. Hal ini bertujuan untuk menunjang kompetensi para guru Ar-Rahman Islamic School dalam memberikan pengajaran dan pendidikan yang terbaik bagi para peserta didik. Selain itu, Ar-Rahman Islamic School diharapkan bisa terus mengikuti perkembangan jaman dan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi orangtua yang telah menyekolahkan putera puterinya di Ar-Rahman Islamic School.

Bukan Ar-Rahman Islamic School namanya jika tidak mengikuti perkembangan ilmu pendidikan. Di hari ketiga rapat kerja, kami mengundang salah seorang guru berprestasi dari Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa, Samarinda, Kalimantan Timur, yakni Ibu Dyan Widya Agustina yang telah berpengalaman mengajar selama kurang lebih 23 tahun. Selain itu, beliau adalah seorang guru yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Satya Lencana Nasional dari KEMENDIKBUD RI, serta masih banyak lagi penghargaan yang telah beliau raih serta kompetisi yang telah diikuti. Pada kesempatan ini beliau berbagi tips cara membuat karya tulis dibidang pendidikan serta berbagi pengalaman selama mengikuti kompetisi guru berprestasi. Hal ini diharapkan dapat memotivasi seluruh guru Ar-Rahman Islamic School untuk terus berprestasi dan menghasilkan karya di bidang pendidikan.

Yang terakhir tapi tak kalah penting dengan narasumber sebelumnya, Ar-Rahman Islamic School pun mengundang seorang trainer dari Mental Coach and Character (MC2), Anrio Marfizal atau yang biasa disapa Kak Rio. Tanpa memberikan rasa bosan dan kantuk di penghujung acara, beliau memberikan kami semangat untuk terus introspeksi diri dan belajar menjadi pribadi yang sehat raga dan mental melalui paparannya tentang “Penguatan Mental dan Karakter”. Di dalam penjelasannya ada 6 hal yang harus dikuasai oleh pendidik zaman sekarang, khususnya dalam situasi pandemi seperti saat ini, antara lain technology intelligence, social emotion, contextual, transformative, generative, dan moral.

Kami, seluruh guru dan karyawan Ar-Rahman Islamic School mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua yang telah mempercayakan buah hatinya kepada kami untuk belajar dan mengenyam pendidikan di Ar-Rahman Islamic School. Sesuai dengan visi Ar-Rahman Islamic School yaitu  “Terwujudnya lembaga pendidikan Islam unggul dalam membina generasi ulul albab’, oleh karenanya marilah kita bersama-sama mencapai visi tersebut dengan terus menjadi pribadi yang lebih baik dan berakhlaqul karimah.

 

Rere – SMP AIS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *