0
Berita SMP

Kegiatan Perkemahan Kamis-Jum’at (Perkajum) SMP Ar-Rahman Islamic School (AIS)

di Taman Nasional Gunung Bunder, Cihurang – Bogor (Jawa Barat).

Hari Kamis-Jum’at, 18-19 Februari 2016.

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Syukur Alhamdulillah, kegiatan Perkajum SMP AIS berjalan dengan baik atas ijin Allah SWT. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan aktivitas Pramuka dan Latihan Dasar Kepemimpinan (Leadership). Lokasi dan lingkungan kegiatan sangat mendukung dalam penerapan kegiatan perkemahan dan pramuka, yaitu adanya  mushola kecil (surau), air terjun dan sungai kecil, lapangan rumput, pohon pinus (hutan lindung), dan pos penjagaan.

Siswa/i SMP AIS dilatih dan dididik dengan berbagai aktivitas ibadah, pramuka, dan penerapan pendidikan karakter (Character Building) dengan tujuan agar kelak beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mandiri, dan siap menghadapi situasi yang dihadapi dalam kehidupannya (Problem Solving).

Kegiatan dimulai dengan melakukan persiapan kemah per-regu dipimpin oleh ketua regu dan pembina (guru Pramuka), serta guru pendamping. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan sholat berjamaah. Sore hari, istirahat sejenak dan bersih diri, dan di tengah hujan deras mempersiapkan makan malam, serta dilanjutkan pada malam harinya dengan kegiatan pembinaan akhlak melalui kunjungan oleh setiap regu ke pos-pos yang sudah ditentukan oleh dewan guru (pembina).

Hari Jumat pagi, diawali dengan ibadah sholat Shubuh berjamaah dan sarapan pagi, dilanjutkan dengan senam pagi bersama dan naik gunung (Hiking). Sesampainya di atas, kami melakukan  Murojaah dengan membaca QS : Ar-Rahman. Selanjutnya kembali ke bawah, dan melakukan kegiatan Pramuka berupa beberapa rintangan yang harus dilakukan oleh siswa/i, dan dilanjutkan dengan bersih diri di sungai dan air terjun. Siang hari, dilakukan sholat Jum’at berjamaah di lapangan rumput sekitar tenda. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan bersiap-siap untuk kembali ke sekolah.

Hari Senin pagi ketika upacara bendera di sekolah, diadakan pelantikan terhadap siswa/i SMP AIS sebagai Penggalang Rakit yang telah menjalankan aktivitas Pramuka di kegiatan Perkajum SMP AIS. 

Semoga kegiatan Perkajum SMP AIS diridhoi Allah SWT dan berkesan baik bagi siswa/i SMP AIS, sebagai bekal dalam kehidupan mereka di kemudian hari. Aamiin YRA.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb,

Vivi Komala Dewi, S. E

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *