0
Berita SD

PERKAJUM SD AR-RAHMAN ISLAMIC SCHOOL

MELATIH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN SISWA

 

Situ Gintung, 26 – 27 Oktober 2017

CINERE – Kamis – Jum’at (26 -27 Oktober 2017), Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 11045 – 11046 SD Ar-Rahman Islamic School mengadakan kegiatan Perkemahan Kamis Jum’at (PERKAJUM) 2017. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SD Ar-Rahman Islamic School bagi siswa kelas 4, 5 dan 6 dengan memilih tempat di luar sekolah. Untuk tahun ini diadakan di Situ Gintung, Ciputat. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengalaman berharga dan bermakna dalam rangka mengembangkan jiwa kepemimpinan, sikap mandiri, percaya diri, kreatifitas, kerja keras, kerja sama dan disiplin dalam diri setiap peserta.

Sebelum kegiatan PERKAJUM ini dilaksanakan, seluruh peserta telah diberikan pembekalan dalam beberapa kali pertemuan latihan pramuka di sekolah, diantaranya keterampilan tali temali dan pendirian tenda regu, hal ini dilakukan agar dalam pelaksanaan kegiatan seluruh peserta sudah paham bagaimana membuat tandu, membaca morse dan semaphore serta bagaimana mendirikan tenda.

Pada hari Kamis pagi tgl. 26 Oktober 2017 seluruh peserta telah berkumpul di sekolah guna melakukan persiapan dan upacara keberangkatan. Tiba di bumi perkemahan pada 09.05 WIB,  setiap regu dengan dipandu oleh Bindamping masing-masing mendirikan tenda, sementara panitia yang lain mempersiapkan segala hal yang diperlukan termasuk bagian konsumsi, sementara untuk area kegiatan telah dipersiapkan satu hari sebelum acara. Setelah tenda didirikan setiap regu mempersiapkan makan siang dengan memasak sendiri, hal ini lakukan untuk menumbuhkan kemandirian peserta. Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan kegiatan “Halang Rintang” dengan melewati beberapa POS yang telah dirancang oleh kakak-kakak panitia. Acara yang dinanti-nanti ini sangat seru dan berlangsung sampai menjelang Maghrib. Karena kegiatan  ini memakan waktu cukup lama, dan semua peserta melakukannya dengan basah-basahan dan kotor-kotoran,.

Sambil persiapan shalat Maghrib, Mereka mempersiapkan menu makanan dengan bahan utama sosis untuk di lombakan. Kreatifitas peserta dirangsang dengan lomba membuat menu makan malam ini, ada regu yang memberikan nama menunya “Somiring” alias “Sosis Mie Kering”, ada juga “Sokentel” alias “Sosis, kentang and telur”, “Sobur” alias “Nasi Goreng sosis Magelang”, ada juga yang member nama “Sospa” alias “Sosis Spagetti” dll.,  sementara itu seluruh peserta beristirahat di tenda masing-masing dan di aula tempat dilaksanakannya shalat berjama’ah.

Kemudian setelah shalat maghrib, tilawah dan shalat Isya’, semua peserta mengikuti acara api unggun dengan Pembacaan Ulang Janji Dasa Dharma Pramuka dan pentas kreasi dari setiap regu, acara ini berlangsung hingga pukul 22.00 malam. Walaupun sudah malam, kegiatan masih dilanjutkan dengan Pencarian TKK dan Selempang yang telah disembunyikan oleh kakak Pembina untuk dicari di sekitar lokasi perkemahan.

Keesokan hari, peserta bangun pada pukul 04.00 untuk shalat malam dan dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Pukul 6 pagi dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi kemudian bersih-bersih dan membuat sarapan pagi tiap regu masing. Selanjutnya pada pukul 09.00 dilaksanakan Upacara Penutupan dan Pengumuman Regu terbaik.

Alhamdhulillah acara PERKAJUM tahun ini dapat berjalan sesuai rencana, didukung dengan keadaan dan cuaca yang sangat bersahabat, walaupun kegiatan ini diselenggarakan pada musim hujan. Tentunya masih ada evaluasi untuk perbaikan kegiatan tahun yang akan datang.

Demikian laporkan dari kegiatan PERKAJUM SD Ar-Rahman Islamic School, semoga tahun yang akan datang kegiatan PERKAJUM dapat terlaksana dengan kualitas yang lebih baik.

Kak Jack

Mabigus SD AIS

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *