0
Berita SD

DEPOK, AIS, 06/08/21 – Sehubungan dengan peningkatan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Ar-Rahman Islamic School terus mengadakan peningkatan skill terhadap guru-guru sesuai dengan bidangnya. Saat ini sedang terlaksana pelatihan metode membaca Al-Qur’an, yaitu metode Al-Muyassar khusus untuk guru tahfidz dan juga salah satu guru Pendidikan Agama Islam di AIS.

Pelatihan ini semula dijadwalkan selama 7 hari. Tetapi karena pesertanya sudah cukup mahir sehingga pelatihan ini dipersingkat menjadi 6 hari. Pelatihan diadakan pada tanggal 6, 9, 10, 12, 13, dan 16 Agustus 2021. Pelatihan dilakukan selama 5 jam yaitu mulai dari pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pemateri kegiatan ini yaitu Ustadz Albadi, S.Sy, M.Pd dan Ustadz Endi Supriyadi, M.Ag yang merupakan tim dari Al-Muyassar pusat. Peserta yang mengikuti pelatihan Al-Muyassar  yaitu Mr. Danial, Mr. Syatibie, Mr. Irfan, Mr. Solah, Mr. Adi, dan Bunda Salsa. 

Metode Al-Muyassar merupakan metode yang  dicetuskan oleh Ustadz Hendra, MA. Materinya mengupas tuntas bagaimana cara mengajar tahsin dengan metode Al-Muyassar. Tujuan dari kegiatan pelatihan Al-Muyassar yaitu meningkatkan kualitas guru dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhorijul huruf yang benar dan menyeragamkan irama dalam membaca Al-Qur’an. Dalam pembelajaran materi disebutkan bahwa Al-Muyassar memiliki dua irama, yaitu irama dasar dan irama inti. Irama dasar terbagi lagi menjadi tiga bagian yaitu dua irama, tiga irama, dan empat irama. Lain halnya dengan irama inti yang terbagi menjadi empat bagian  yaitu, irama 1 (datar), irama 2 (naik), irama 3 (turun) dan irama 4 (lebih turun). Peserta sangat antusias, semangat, serta dapat menyerap materi dengan baik. Dalam kegiatan pelatihan peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik.

Insha Allah, kedepannya kami akan mengadakan pelatihan metode lain untuk guru tahfidz. Sehingga nantinya Ar-Rahman Islamic School akan memiliki metode membaca Al-Qur’an tersendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.