0
Berita SD

DEPOK, SD AIS, 30/08/21 – Parent Teacher Conference (PTC) merupakan suatu wadah di mana guru dan orang tua dapat bertemu untuk mendiskusikan serta menginformasikan tentang perkembangan siswa baik secara akademis dan sosial serta kegiatan sekolah selama satu tahun ke depan. PTC dilakukan satu tahun satu kali di awal semester 1 yang berdurasi kurang lebih tiga jam atau tergantung pada durasi materi yang dibahas. Biasanya untuk pertemuan awal seluruh orang tua siswa akan digabung pada satu ruang untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan sekolah secara umum, kemudian dipisah per kelas untuk untuk membahas kegiatan kelas secara khusus.

PTC tahun ajaran 2021/2022 kali ini dilaksanakan secara daring melalui zoom. Baik guru dan orang tua berada di rumah masing-masing karena masih dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Namun, tidak mengurangi antusiasme para orang tua siswa dalam mengikuti acara tersebut.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah oleh guru. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan: Kabid IV Pendidikan Ar-rahman Islamic School, Ibu Risnawati Oka dan Kepala Sekolah, Ms.Indriyanti. Kegiatan tersebut juga diselingi dengan ice breaking untuk seluruh peserta untuk mencairkan dan menyegarkan pertemuan tersebut.

Pemaparan kegiatan sekolah dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru menjadi bagian penting dalam acara PTC tersebut. Orang tua siswa juga sangat antusias. Hal ini terlihat dengan adanya banyak pertanyaan dan tanggapan tentang pemaparan kegiatan yang dibahas.

Sosialisasi penggunaan AIS Edu Site juga dimasukkan dalam agenda PTC kali ini. Orang tua siswa diberikan penjelasan penggunaan dan manfaat dari aplikasi tersebut. Tanya-jawab yang berlangsung juga cukup detail sehingga orang tua terinformasikan dengan baik.

Acara terakhir adalah membagi orang tua dan guru ke dalam ruangnya masing-masing untuk mendiskusikan kegiatan, agenda, rules, dan penjelasan lainnya. Orang tua dan guru kelas berdiskusi memberikan ide atau saran tentang kegiatan yang akan berlangsung di kelas. Selain itu, juga membentuk CM (Coordinator Mom) dan CCM (Coordinator Class Mom) masing-masing kelas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.