0
Berita SD

Cinere, Ar Rahman Islamic School. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat dampak besar bagi pendidikan tak terkecuali di Indonesia. Sejak pertengahan Maret, sistem pembelajaran online atau dalam jaringan menjadi suatu pilihan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Sistem pembelajaran tersebut tentunya menjadi tantangan bagi guru-guru di Ar Rahman Islamic School untuk dapat menyampaikan materi dan mengasah keterampilan siswa seperti yang mereka dapatkan pada waktu pembelajaran normal. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengasah keterampilan siswa selama pandemi ini, salah satunya yaitu memasak nasi.

Kegiatan memasak nasi ini dilakukan oleh siswa kelas 4. Guru-guru merancang kegiatan ini dengan tujuan mengembangkan salah satu life skill survive yang mengharuskan mereka bisa bertahan bagi diri mereka sendiri ketika tidak ada orang tua atau orang dewasa yang membantu mereka di rumah. Karena kondisi tertentu seperti sekarang ini dimana akses untuk bepergian dan menjaga jarak menjadi usaha untuk tetap menjaga kesehatan.

Kegiatan ini dimulai dengan menakar beras, kemudian mencucinya sampai airnya jernih, manambahkan air secukupnya, dan memasukkan kedalam alat penanak nasi. Langkah terakhir memasang kabel pada stop kontak, dan menekan tombol untuk mulai memasak.

Kecakapan memasak nasi ini dilakukan selama satu minggu di pekan ke-2 bulan Januari minimal sebanyak dua kali agar mereka terbiasa, yang dilakukan di rumah masing-masing dengan bantuan orang tua atau dewasa yang mengawasi.

Proses dari awal sampai akhir mereka dokumentasikan dalam bentuk foto kolase, kemudian mengunggahnya ke form amaliyah harian untuk tugas life skill. Semoga dengan kegiatan ini siswa-siswa dapat menambah kecakapan hidup yang pastinya akan berguna untuk mereka sendiri dan orang lain.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.