0
Berita SMP

Depok, SMP AIS Bukit Cinere, 6/08/21 — Hayo masih adakah di antara kalian yang tidak bisa mengoperasikan google maps?  Di era digital saat ini, aplikasi google maps marak digunakan. Namun, tahukah kamu? Kalau zaman dahulu, membuat dan membaca peta tentu tidaklah mudah.

Buat kalian yang memiliki smartphone berbasis android, pasti sudah tidak asing  dengan aplikasi google maps. Google maps merupakan layanan pemetaan berbasis web yang dikembangkan oleh google. Tidak hanya google maps, banyak sekali aplikasi pemetaan di era digital ini, misalnya perusahaan jasa layanan antar barang menambahkan fitur peta di aplikasinya. Penggunaan aplikasi yang semakin canggih memiliki keuntungan untuk pengguna karena mudah digunakan dan gratis. Tetapi, pengguna juga harus memahami cara pembacaan peta.

Menurut KBBI, peta merupakan representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah, dan sifat permukaan. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara seperti dengan alat digital ataupun secara sederhana dengan bidang datar yaitu kertas. Pembelajaran pembuatan peta secara sederhana atau manual dipelajari dari kelas awal Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, sebelum praktik, kita harus mengenal dan memahami unsur-unsur peta sehingga kita dapat menyajikan data yang lebih informatif dan akurat.

Dalam proses menggambar peta, dapat membantu peserta didik membaca suatu daerah atau melihat permukaan bumi. Bahkan aktivitas menggambar dan mewarnai peta juga dapat meningkatkan motivasi belajar. Namun yang perlu digarisbawahi, tujuan utama pembuatan peta manual adalah untuk mengetahui letak suatu wilayah dan persebaran fenomena geografis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *