0
Berita SD

Depok, SD Ar Rahman Islamic School Cinere.  Kegiatan pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang ini membuat motivasi belajar siswa menurun. Salah satu kendala yang dialami siswa yaitu motivasi yang rendah dalam menulis. Bagi siswa kelas 1  menulis masih sangat perlu mendapat bimbingan guru dalam proses belajarnya, mengingat siswa kelas 1 baru bisa membaca dan memahami kalimat atau bacaan.

Pentingya keterampilan menulis bagi siswa adalah karena menulis dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga melalui kegiatan menulis siswa dapat menyampaikan ilmu pengetahuan dan informasi yang siswa ketahui kepada orang lain. Selain itu juga, keterampilan menulis sangat penting karena untuk mengasah keterampilan menulis tersebut seorang siswa harus memiliki ide, ilmu pengetahuan, dan pengalaman hidup. Oleh karena itu mulai dari kelas 1 para siswa harus dibiasakan melatih kemampuan menulis.

Untuk memotivasi anak dan membantu siswa dalam mengingat dan mengumpulkan bahan tulisan dibutuhkan media gambar. Media gambar tersebut kemudian dimasukan ke dalam proses pembelajaran sebagai proses, media dan sumber belajar yang dilaksanakan di kelas 1B SD Ar Rahman Islamic School Cinere.

Kegiatan menulis tersebut dilaksanakan pada pembelajaran Tematik yang bertema “Peristiwa yang menyenangkan”. Pembelajaran dilakukan melalui Zoom dibimbing oleh Mr. Gilang dan diikuti oleh seluruh siswa Kelas 1B. Setelah menyimak penjelasan guru, siswa berusaha mengingat kembali peristiwa menyenangkan yang pernah mereka alami. Kemudian para siswa diminta menggambarkan peristiwa tersebut pada lembar buku tematik. Setelah menggambar, siswa dibimbing guru untuk menuliskan kejadian dalam gambar dengan menerapkan unsur: apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa. Melalui gambar, para siswa terbantu dalam mengembangkan tulisanya karena mereka dapat melihat keadaan/peristiwa yang terjadi pada gambar.

“Masalah yang sering dialami siswa terutama siswa kelas 1 adalah motivasi menulis yang rendah, ada beberapa siswa yang meskipun sudah lancar membaca namun malas untuk menulis. Tetapi melalui gambar siswa lebih antusias dan bisa lebih mengembangkan tulisan mereka melalui visualisasi terhadap gambar.” Tutur Gilang guru tematik 1B.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *