0
Berita SMP

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih diterapkan oleh hampir seluruh sekolah di Indonesia, termasuk di SMP Ar-Rahman Islamic School. Kegiatan pembelajaran di SMP AIS masih dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom. Kali ini materi pembelajaran Science (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 7 sedang membahas tentang Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Dalam materi ini, siswa-siswi kelas 7 mempelajari tentang sel, termasuk bagian-bagian sel, dan apa saja yang membedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan. Pada awal pembelajaran disampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu, kemudian pemberian stimulus dalam pembelajaran dilakukan dengan menampilkan video tentang proses penciptaan manusia.

Sel itu luar biasa lho…

Sel merupakan materi terkecil yang Allah ciptakan yang sangat menakjubkan di dalam tubuh manusia. Sel tersebut ada dimana-mana. Ada di mata, kulit, organ dan lain sebagainya. Ukuran sel kecil banget lho… ukuran sel berkisar antara 1 – 100 mikron. Tipe sel juga ada dua, yaitu sel yang memiliki nukleus (eukariotik) dan sel yang tidak memiliki nukleus (prokariotik). Sel eukariot ukurannya berkisar 10 – 100 mikron, ukurannya kompleks dan multiseluler. Sedangkan sel prokariot ukurannya berkisar 1 – 10 mikron dan uniseluler.

Sel hewan dan tumbuhan juga berbeda lho…

Subhanallah… Allah menciptakan seluruh makhlukNya dengan segala kesempurnaannya. Sel pada hewan dan tumbuhan memiliki perbedaan, jika untuk mendapatkan energi sel hewan berasal dari mitokondria,  sedangkan pada sel tumbuhan energi didapat dari kloroplas melalui fotosintesis. Ukuran sel hewan lebih kecil dibandingkan sel tumbuhan, yaitu 1 – 30 mikrometer, sedangkan sel tumbuhan lebih besar dengan ukuran 10 – 100 mikrometer.

Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan melakukan checking for understanding dengan bermain game menggunakan aplikasi quizwhizzer.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *