0
Berita SD

Sholat Dhuha merupakan salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan siswa-siswi  SD Ar-Rahman Islamic School di sekolah. Pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti sekarang ini, kegiatan tersebut tetap dilakukan walau secara virtual via zoom meeting.

Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas 2 SD Arrahman Islamic School setiap hari Selasa dan Jumat pada tiap pekannya. 

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pemberian motivasi sekaligus pembiasaan pelaksanaan sholat dhuha bagi siswa, meskipun sholat dhuha tidak dapat dilakukan secara bersama-sama sebagaimana saat masih dilakukan di kelas.

Proses kegiatan ini dimulai dengan memberikan himbauan kepada siswa agar sebelum kegiatan sholat dhuha dimulai secara virtual, diharapkan semua siswa sudah dalam keadaan berwudhu dan menyiapkan alat sholatnya di depan laptop atau handphonenya masing-masing. Setelah masuk waktu zoom meeting, guru menyapa siswa dan bersama-sama membaca niat solat dhuha, lalu mempersilakan siswa untuk menuju tempat sholat masing-masing untuk melakukan sholat dhuha 2 rakaat sembari diawasi guru via zoom. Setelah selesai sholat, siswa kembali ke zoom dan bersama-sama membaca doa setelah sholat dhuha. Setelah selesai membaca doa solat dhuha, kemudian 

dilanjutkan dengan murojaah bersama hapalan siswa di juz 30. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pelajaran sesuai jadwal.

(Puji Saraswati, S.Pd)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *