0
Berita KB/TK

DEPOK, KB-TK AIS – Setelah kegiatan kelas sentra persiapan, murid-murid kelas TK B2 atau Makkah Class mendapatkan jadwal kelas tahfidz. Kegiatan tahfidz dilakukan dengan membagi kelas menjadi dua bagian. Kelas B2 A mendapatkan jadwal mulai dari pukul 09.30-10.10, lalu dilanjutkan dengan kelas TK B2 B yang dimulai pada pukul 10.15-11.55. Total kegiatan tahfidz di tiap kelas yaitu 40 menit. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan yaitu membaca basmalah bersama-sama lalu dilanjutkan dengan pemutaran video Alif Ba Ta Tsa. Setelah video selesai diputarkan, pelajaran dilanjutkan dengan ice breaking agar anak-anak semakin semangat memulai pelajaran. Setelah semua konsentrasi dan siap, pelajaran inti dimulai yaitu melanjutkan hafalan surat at-takatsur ayat 5-6. Bunda membacakan ayat yang akan dihafalkan lalu anak-anak mengikuti. Tak lupa sebelum memulai hafalan, Bunda mengingatkan anak-anak mengenai arti surah, jumlah ayat, dan tempat turunnya surah tersebut.

Setelah menambah hafalan, kegiatan dilanjutkan dengan mengulang hafalan doa ketika sakit. Masih dengan metode yang sama, Bunda membacakan dan anak-anak mengikuti. Setelah mengulang-ulang doa ketika sakit, anak-anak diajak untuk melakukan ice breaking seperti tepuk semangat, juga melakukan permainan tebak-tebakan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menaikkan semangat anak-anak. Hal terbukti anak-anak menjadi lebih semangat. Ketika dirasa sudah cukup dengan ice breaking, kegiatan pun dilanjutkan dengan mengulang hafalan hadits kesempurnaan iman. 

Setelah kegiatan menghafal selesai dilakukan, kegiatan selanjutnya yaitu anak-anak mengerjakan tracing huruf hijaiyyah u dan mi. Anak-anak mengerjakan dengan perlahan dan hati-hati. Alhamdulillah kegiatan tahfidz berjalan dengan lancar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.