0
Berita SD

DEPOK, SD AIS, 06/08/21 – Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi di negeri kita masih berlanjut hingga hari ini. Namun hal tersebut tidak membuat kegiatan belajar mengajar terhenti. Bahkan berbagai terobosan ditempuh demi kelangsungan proses belajar mengajar. Seperti yang dilakukan di SD Ar-Rahman Islamic School, mulai tahun ajaran ini dimulai kegiatan baru yaitu individual session, di mana setiap guru menyediakan waktu di luar pembelajaran untuk menghubungi siswanya. Waktu yang disediakan sekitar 10-15 menit per anak untuk sekadar menyapa dan mengobrol.

Dalam individual session ini, guru berupaya menumbuhkan kedekatan dengan siswa dengan cara memancing siswa untuk bercerita atau mengungkapkan perasaannya dalam suasana akrab. Beberapa hal yang ditanyakan guru kepada siswa seperti kegiatan di rumah selama PJJ, hobi yang dilakukan selama di rumah saja, membicarakan adik atau kakak, kesulitan belajar, keluarga, dan sebagainya.

Kegiatan ini menggunakan media video call WhatsApp atau zoom meeting. Diawali dengan menyapa siswa, tetapi biasanya mereka masih canggung dan belum banyak berbicara. Seiring berjalannya waktu, siswa sudah tidak canggung kepada guru bahkan mulai lepas tertawa dan bercerita.

Semoga melalui kontak pribadi antara guru dan siswa akan semakin mempererat hubungan dan kedekatan sehingga akan tercipta suasana hati yang baik. Pada akhirnya, kegiatan ini akan berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan. 

(Puji Saraswati, S.Pd)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *