0
Berita SMP

HIKMAH IDUL ADHA

SMP Ar-Rahman Islamic School

T. A 2016/2017

Alhamdulillah, pelaksanaan Idul Adha dapat berjalan lancar dengan Bimbingan dan Ridho Allah SWT.

Kegiatan Selasa 13 September 2016 diawali dengan penyembelihan 4 hewan kurban di halaman belakang SMP Ar Rahman Islamic School. Penyembelihan hewan kurban dilakukan pukul 07.00 WIB, dilakukan oleh tiga penjagal. Penyembelihan hewan kurban selesai pukul 08.30 WIB.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengepakan dan pemberian stiker pada daging hewan kurban oleh siswa dan siswi SMP Ar Rahman Islamic School. Tampak antusias dari siswa dan siswi SMP Ar Rahman Islamic School dalam pengepakan dan pemberian stiker pada plastik hewan kurban yang akan didistribusikan. Pengepakan selesai pukul 09.30 WIB. Alhamdulillah terkumpul 32 kantong daging kurban yang siap didistribusikan.

Pukul 09.30 pendistribusian hewan kurban dilakukan pada tiga titik. Titik pertama pendistribusian hewan kurban diberikan pada Rumah Yatim Mizan Amanah Cinere sebanyak 8 kantong daging kurban. Lalu pendistribusian hewan kurban dilanjutkan ke Rumah Yatim Tahfidz Gandul sebanyak 8 kantong daging kurban. Dan tempat pendistribusian hewan kurban berakhir di wilayah PLN Gandul sebanyak 9 kantong daging kurban, yang langsung dibagikan pada 9 kaum dhuafa. Dan tujuh kantong hewan kurban lainnya diberikan pada Office Boy Ar Rahman Islamic School. Semua pendistribusian dilakukan oleh anggota OSIS dan perwakilan beberapa siswa siswi SMP Ar Rahman Islamic School. Pendistribusian daging hewan kurban berakhir pukul 10. 30 WIB.

Di sela pengepakan dan pendistribusian hewan kurban, satu tim yang terdiri dari 10 siswa SMP Ar Rahman Islamic School melakukan pengolahan hewan kurban untuk dimasak menjadi sate. Dan sebagian daging juga tulang iga hewan kurban seberat masing-masing 2 Kg dikirim pada pemasak untuk diolah menjadi masakan tongseng dan sop kambing.

Pukul 10.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB siswa siswi SMP Ar Rahman Islamic School istirahat sejenak. Dilanjutkan dengan mendengarkan Hikmah Kurban di Aula SMP Ar Rahman Islamic School. Hikmah Idul Adha disampaikan oleh Ms.Yanti selaku ketua panitia Idul Adha tahun ini. Hikmah Idul Adha menyampaikan materi tentang sejarah Idul Adha dalam Islam. Semua pembahasan merujuk pada landasan utama Al Qur’an Surat Al An’am ayat 74-80 dan Surat Ash Shaffaat ayat 100-111. Penyampaian Hikmah Idul Adha berakhir pukul 11.30 WIB.

Kegiatan Idul Adha diakhiri dengan acara makan bersama keluarga besar SMP Ar Rahman Islamic School di Aula SMP Ar Rahman Islamic School.

Alhamdulillah, kegiatan Idul Adha tahun ini mencapai semua tujuan yang tertuang dalam Program Kegiatan Idul Adha, yaitu :

  1. Memperingati Idul Adha 1437 H dengan melaksanakan pemotongan hewan qurban yang diperoleh dari hasil tabungan infaq qurban siswa.
  2. Media untuk menumbuhkan ketaqwaan kepada Allah SWT akan perintahNya
  3. Media untuk menumbuhkan rasa peduli sesama warga sekolah dan masyarakat sekitar
  4. Media silaturahim antar warga SMP Ar Rahman Islamic School

Kesan dari kegiatan Hikmah Idul Adha SMP Ar Rahman Islamic School Alhamdulillah sangat menyenangkan, penuh kebersamaan, dan bisa merasakan membagikan hewan kurban secara langsung kepada mustahik.

Pesan kegiatan Hikmah Idul Adha tahun ini adalah semoga di tahun mendatang SMP Ar Rahman semakin banyak menerima hewan kurban sehingga pembagian kepada mustahik lebih banyak lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *