0
Berita SD

DEPOK – Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya bidang perpustakaan, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia dan didukung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Diklat Nasional Online Berbasis E-Learning ini mengajak seluruh pustakawan, tenaga perpustakaan, dan pengelola perpustakaan sekolah di seluruh Indonesia untuk bergabung serta mengikuti bimbingan teknis pengelolaah perpustakaan sekolah. Kegiatan ini berlangsung secara online pada 5 – 13 Agustus 2021.

Kegiatan ini sangat penting sebagai bekal untuk kepala perustakaan Ar- Rahman Islamic School agar memiliki pengetahuan tentang keperpustakaan dengan standar nasional. Diklat ini diisi oleh pemateri yang sangat ahli dibidangnya yaitu para praktisi dari perpustakaan nasional, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta, dan Ikatan Pustakawan Indonesia. Mulai dari materi dasar perpustakaan sampai praktik aplikasi perpustakaan.  Banyak permasalahan yang diajukan oleh peserta, tetapi pembicara sangat detail sehingga mampu memberikan jawaban yang solutif.

Pada awal pertemuan, diadakan pre-test dengan menjawab enam puluh pertanyaan, pemaparan tiga materi dari pembicara yang berbeda melalui test pemahaman materi, dan feedback melalui alamat surel. Di hari terakhir, kami diajarakan terkait penggunaan aplikasi perpustakaan. Kegiatan ditutup dengan post-test guna mengetahui sejauh mana pemahaman pustakawan terhadap materi yang telah dipaparkan.  

Diklat ini bertujuan agar para pengelola perpustakaan mampu menerapkan materi kepustakaan dan mengeksekusi dengan baik di sekolah masing-masing. Semoga Perpustakaan Ar-Rahman Islamic School dapat dijalankan dengan standar nasional dan menggunakan perangkat digitalisasi agar siswa dan guru dapat menggunakan perpustakaan dengan baik. Selain itu, adanya peningkatan fasilitas perpustakaan sehingga dapat menunjang pembelajaran di sekolah dan KBM bisa berjalan maksimal.

 





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *