0
Berita KB/TK

Depok, Ar Rahman Islamic School. Pada semester II tahun ajaran 2020-2021, K

B TK Ar Rahman Islamic School masih melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring/belajar dari rumah (BDR). Walaupun kegiatan belajar masih belum dapat dilakukan secara tatap muka, namun hal ini tidak menghalangi semangat Bunda – bunda (guru) di KB TK Ar Rahman untuk terus menstimulus anak-anak agar tercapai perkembangan secara optimal sesuai dengan usianya. Salah satu usaha yang dilakukan oleh bunda-bunda agar kegiatan belajar tetap menarik dan menyenangkan adalah dengan menggiatkan gerakan literasi .

Gerakan literasi dengan Membaca Buku Cerita Favorit

Sebagai wali kelas TK A dan mengajar di Sentra Persiapan TK A, guru harus bisa membangun anak didiknya untuk terus semangat, cinta, dan memiliki ketertarikan dalam membaca buku. Dengan demikian maka dibuatlah kegiatan membaca buku favorit masing – masing anak didik, yang dimulai dengan proses membaca gambar (Bridging Reading Stage) dari isi buku tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik, menciptakan budaya membaca, meningkatkan pengetahuan dari berbagai macam sumber informasi, membiasakan berfikir kritis, serta melatih fokus dan konsentrasi.

 

Kegiatan membaca buku favoritku yang dilaksanakan secara daring pada Sentra Persiapan A di jam 09.00 WIB, diikuti oleh kelas TK A1. Tahap membaca gambar ini merupakan tahap sebelum seorang siswa dapat membaca lancar. Proses membaca gambar ini harus dilalui siswa saat usia PAUD. Sebelum siswa membacakan ceritanya dihadapan guru dan teman-temannya, guru sebelumnya membacakan cerita sebagai pengantar, selanjutnya siswa secara bergantian membaca buku cerita favoritnya. Siswa terlihat sangat senang ketika menceritakan gambar yang ada di buku yang mereka baca. Kegiatan yang berlangsung selama 1 jam ini pun berakhir tanpa terasa, karena anak-anak fokus terhadap buku cerita yang mereka miliki. Lembar demi lembar mereka lihat dengan wajah yang ceria karena ketertarikannya terhadap gambar dan jalan cerita pada buku yang meraka miliki. 

 

Betapa pentingnya manfaat buku untuk anak usia dini sangat disadari oleh Bunda-bunda di KB TK Ar Rahman Islamic School. Tidak membiarkan anak – anak didik banyak meluangkan waktunya hanya dengan bermain gadget, disaat usia golden age anak yang dapat menyerap seluruh kemampuan dengan sangat cepat. Oleh karena itu, berbekal potensi yang sedemikian hebat tersebut, maka mengenalkan anak untuk membaca diusia dini tentunya tidak menjadi masalah, asalkan caranya tidak membuat anak menjadi stress apalagi sampai terbebani harus bisa membaca. 

(Dwi Saputri)

Leave a Comment

Your email address will not be published.